Jumat, 10 Juni 2011

Anak Merokok, Salah Siapa ?



Selama menulis ini gue masih berusaha menenangkan diri gue...

Beberapa hari ini,gue kalo ngeblog terpaksa ke warnet karena kompi di rumah lagi di service secara menyeluruh. Posting ini pun gue kerjakan di warnet.

Tadi, saat gue akan ngeluarin motorutk ke warnet, 3 orang anak lelaki masuk ke halaman rumah gue, tepatnya ke warung milik Nyokap. Sehari-hari yang jaga warung itu adalah nenek gue yang kebetulan tinggal di rumah gue juga.

3 orang anak lelaki itu, dua orang kira kira berusia 10 tahun dan seorang nya lagi berusia 4 tahun. Mereka kelihatannya sedang bermain di lapangan kecil sebelah rumah gue (sore adalah jam jamnya anak anak sekitar rumah gue bermain bola). Salah seorang anak (yg kira2 usia 10 tahun) mendekat ke warung dan membeli rokok. Tadinya gue pikir anak itu membeli rokok disuruh oleh Bapaknya. Gue pun sempat ke warung sebentar ngambil duit untuk ke warnet.

Tapi ternyata...dia membeli rokok untuk dirinya sendiri. Dengan santai, dia meminta korek mancis pada nenek gue. Nenek gue menyerahkannya dengan raut muka bingung. Tanpa beban, anak itu menyelipkan rokok di mulutnya, lalu menyalakannya.

Kaget, itu pertama kali reaksi gue dan nenek gue. Yaiyalah...anak umur segitu merokok ! Gue yang tadinya mau keluar pagar sampe berhenti sebentar...terpana melihatnya. Anak itu tampak tak peduli gue perhatikan sedemikian rupa.

"Kamu umur berapa ?" tanya gue miris.
Anak itu gak jawab.
Nenek gue berusaha menegur dengan halus "Udah bisa cari duit sendiri belum beli rokok ?!"
Anak itu agak sedikit gusar lalu buru buru meninggalkan warung. Kedua temannya pun hanya bisa ngeliatin teman mereka merokok.

Jujur loh...gue geram ! Bukan karena anak itu tak menggubris teguran gue, tapi karena gue pun gak bisa berbuat apa apa untuk mencegah hal itu terjadi. Gue gak bisa mencegah hal hal tsb. Ada yang lebih berhak, yaitu orang tua anak itu. Harusnya mereka jajan jajanan yang sesuai dengan usia mereka.

Rokok aja gak baik untuk orang dewasa,apalagi untuk anak semuda itu ? Tidak adakah pengawasan orangtua ? Anak itu gak salah, yang salah adalah lingkungan dan orangtua mereka.

Berita seperti ini emang udah biasa di televisi. Tapi jika lu berada dalam posisi saksi mata langsung, rasa kemanusiaan lu pasti akan terusik. Kehadiran rokok di kalangan anak anak sama saja merenggut hak asasi mereka untuk tumbuh dan berkembang dengan baik ! Mereka meniru dari orang tua mereka, bahkan ada beberapa orangtua yang mengajari anak mereka merokok untuk sekedar lelucon bagi mereka. Ini adalah bentuk kekerasan terhadap anak.

Dan yang semakin menyebalkannya tidak banyak yang bisa kita perbuat karena mereka adalah tanggung jawab penuh orangtua mereka. Sebelum pergi dari rumah, gue cuma bisa bilang ke nenek gue, "Mbu (panggilan gue ke nenek gue),lain kali kalo ada anak kecil beli tanyain dulu ya itu buat siapa". Namun gue gak bisa menampik sekarang pun banyak anak kecil yang mahir berbohong.

1 komentar: