Senin, 06 Juni 2011

Politikus Ababil

Konon,ababil itu singkatan dari 'Abege Labil'. Istilah untuk para remaja yang psikologisnya bener2 labil. Bisa dilihat dari naik turun mood nya yang drastis trus di share di tempat-tempat umum seperti twitter, facebook, dll. Ababil juga definisi dari remaja yang gak bisa bijak banget dalam menghadapi masalah dalam hidupnya, suka berlebihan, gak bisa belajar dewasa sama sekali. Mungkin lu juga udah tau kategori ababil kayak gimana ya.

Ternyata sindrom ababil ini gak cuma menjangkiti remaja. Ternyata politikus pun bisa jadi ababil.

Dua hari belakangan ini gue suka browsing kultwit di twitter. Iya, twitter emang selalu berkembang alih fungsinya. Dari mulai jadi tempat curhat, toko online, microblogging, motivasi dan quote2, tempat eksis, dll...sekarang ada istilah baru lagi : kultwit. Kultwit alias kuliah twitter adalah twitter yang isinya menganalisis suatu permasalahan udah kayak dosen ngasih kuliah aja. Trus gue ketemu sebuah akun kultwit : @IndahSS99 . Isinya membahas tentang sosial politik Indonesia. Identitas pemilik akun nya gak diketahui secara rinci. Avatarnya pun bukan avatar asli. Wajar sih, mungkin karena isi kultwitnya yang tajam,mengkritik habis habiusan kinerja pemerintah,skeptis, dan frontal. Coba lu search deh. Pasti ikutan pusing liat analisis politiknya yang memnuhi timeline nya. After taste, ikut melek juga sama kondisi sospol Indonesia saat ini. Gue beberapa kali mention dia dan dibales dengan cukup bersahabat. Ya dia cukup komunikatif lah sama yang mendukung maupun menghujat kultwitnya.




Dua hari yg lalu isu yang diributkan @IndahSS99 adalah bagaimana jadinya jika seorang Sri Mulyani (mantan Menteri Keuangan) yang punya banyak cacat dalam menangani perekonomian Indonesia (dan juga terseret dalam beberapa skandal besar perekonomian)akan mencalonkan diri menjadi capres 2014-2019. Kultwit menjadi seru dan panas tatkala jadi sambung menyambung mention ke @wimar ,akun resminya Wimar Witoelar. Politikus terkenal dan mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid. Wimar Witoelar ini sangat mendukung Sri Mulyani. Terjadilah debat pro kontra Sri Mulyani jadi capres.

Menurut pengamatan gue, Wimar Witoelar -yang ternyata eksis banget di twitter ini- santai dalam menanggapi setiap serangan. Menjawab dgn singkat namun juga tajam. Agak merendahkan orang juga nadanya-ini sempat disinggung salah seorang followers nya yang memintanya untuk tidak terlalu bersikap merendahkan dalam menjawab twit,belakagan dibalas Wimar dengan 'akan saya coba'. Ababilnya, Wimar yang mungkin sudah males menanggapi twit2 yang menyudutkannya langsung mengalihkan nonton acara tenis kesayangannya (pada Minggu malam kemarin). Ia sempat menyebut @IndahSS99 dan dua orang rekannya dgn 'trio aneh' dan 'trio anti maling' (merujuk pada tuduhan @IndahSS99 dan pendukungnya bahwa Sri Mulyani,pejabat2,koruptor adalah 'maling' negara).

Paginya debat publik itu terus berlanjut. Kali ini Wimar menjadi lebih gampang tersinggung sedangkan @indahSS99 jadi lebih kuat lagi menghadapi serangan pendukung2nya Wimar. Gue iseng mention ke Wimar '@wimar om, si om termasuk tim suksesnya SMI (Sri Mulayani Indrawati) ya ?'

Eh gak taunya dibales....




hahaha...rupanya Wimar tersinggung sama pertanyaan gue. Loh kan gue cuma nanya...abis dia menggebu banget ngebela Sri Mulyani. Ya kali gitu dia termasuk tim suksesnya. Setau gue, kalo tim sukses capres itu emang bisa udah disiapkan dari beberapa tahun sebelumnya. Alm bokap gue dulu tim sukses salah satu capres di daerah asalnya. Dan bentuk kampanye nya pun masih terselubung kalo waku nya masih jauh gini.

Seterusnya gue cuma jadi penonton sahut sahutan status antara @wimar dan @IndahSS99 berikut pendukung2 mereka. Mereka jadi saling cela, perang status dan adu argumen. Senin pagi hot banget deh jadinya. Beuh, biasa gue liat anak SMA di timeline gue yg pada saling sindir, sekarang gue liat politikus juga saling sindir. Heran juga, mereka gak ada kerjaan apa ya ngetwit mulu ? Macam ababil saja....

Pendapat gue ? Gue secara kepribadian gak mengenal SMI, tapi gue tahu gimana sepak terjangnya dalam pemerintahan dan prestasi-prestasi kerjanya. Dulu sempat banyak terinspirasi, cuma sejak kasus Bank Century bergulir,gue agak ilfeel..ditambah dengan diangkatnya dia menjadi Direktur Pelaksana Bank Dunia. Terlepas itu merupakan sebuah prestasi menginat dia adalah wanita dan juga orang Indonesia pertama yang menduduki jabatan tersebut, tapi jelas banget itu adalah pelarian diri dari kasus tsb.

Eh iya balik lagi ke topik..

Kok bisa ya politikus tingkahnya ababil ? Benar ternyata perspektif tentang politik selama ini : banyak omong :)

Apalagi Wimar Witoelar ini. Timeline gue isinya jadi penuh sama dia seharian. Iya, seharian ! Kalo kata Raditya Dika 'if you're not talkable, you're boring.if you're talkable,you're asshole'. Hahaha. Terlalu banyak omong emang bikin orang keliatan asshol*. Contoh nyata ? Coba aja liat akun twitternya Tifatul Sembiring. Dan yang makin ababilnya, Wimar banyak nge RT followersnya yang memuji dia. Hahaha

@IndahSS99 pun bukannya gak ababil. Kerjaannya mengkritik kebijakan dan keadaan pemerintahan yang ada saat ini. Yang dipaparkannya semua adalah kebobrokan kondisi sosial politik di Indonesia melulu. Minus solusi. Kadang banyak sok tahunya. Gue pun setuju pas Wimnar serang dia dengan 'susah sih ngomong sama orang yg menganalisis perekonomian dari TV aja'.

Well, itu lah protet politikus ababil yang terdeteksi oleh gue. No offense loh ya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar