Sabtu, 03 Juli 2010

Ngemil dan Berat Badan


“Bey, jangan suka ngemil lah...nanti gendut, lho”

Itu kata my ex dulu, waktu gue bilang gue lagi ngemil pas dia tanya gue lagi apa. Gue inget kata-kata itu karena kata-katanya, bagi gue, adalah pikiran cowok banget. (bukan berarti ada perasaan emosionil atau apa ya). Ya, pikiran cowok yang pada umumnya (pada umumnya lho), melihat cewek dari fisiknya aja dan bakal merasa ikut terganggu kalau fisik si cewek agak gimana gitu (ini wajar lho). Tapi, disini gue gak mau bahas soal pikiran cowok ya, gue mau bahas tentang kebiasaan ngemil (!)

Ternyata, faktanya, sebenarnya (ah ini ribet amat ya)...kalo kebiasaan ngemil itu gak bikin seorang remaja bisa jadi obesitas lho. Sebaliknya, remaja yang gak suka ngemil justru cenderung memiliki berat badan berlebih. Ini diungkapkan oleh penelitian yang dilakukan Food and Nutrition Database Research Inc di AS pada laju rata-rata pertambahan berat badan 5.800 remaja khususnya di bagian perut. Hasinya ? Sebanyak 39 % remaja yang mengaku gak memiliki kebiasaan ngemil malah mengalami masalah berat badan dan 60% remaja yang mengaku suka ngemil justru gak punya masalah berat badan atau obesitas. Tapi, seperti yang dikatakan ketua tim peneliti Dr. Debra R. Keast hasil ini gak mutlak sih, dan gak membuktikan juga dengan ngemil remaja bisa mengontrol berat badan mereka.

Aneh juga ya...tapi sekaligus bikin gue seneng sih. Gue tetap bisa merdeka ngemil, hehehe. Kalo kata gue sih, logikanya itu kan ngemil buat makanan tambahan, selingan lah di antara acara makan besar (sarapan, makan siang, makan malam). Nah, kalo kita suka ngemil, pas acara makan besar, kita jadi gak terlalu banyak makan karena perut terisi juga oleh cemilan. Nah, kalo misalnya jarang ngemil, otomatis dia akan ngerasa laper banget pas waktunya makan besar sehingga dia makan dalam porsi yang lebih banyak. Ini menurut gue lho...

Yang harus dihindari adalah, kalo ngemilnya jalan, makannya pun banyak. Itu mah alamat jadi gendut namanya. Gue sendiri gak terlalu suka makan nasi, jadi gue makan nasi dikit aja (paling cuma secentong), tapi lauk plus sayur nya gue usahain agak banyakan dan dibantu ngemil juga supaya gak cepet laper. Yang terbaik sih adalah kalo mau ngemil, ngemil lah cemilan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur segar, buah kering, biskuit karya serat, dan produk-produk rendah lemak. So, bagi yang suka ngemil seperti gue, jangan takut ngemil lagi ya. (sumber : Koran Media Indonesia Senin, 28 Juni 2010 No. 10721 Tahun XLI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar