Minggu, 05 September 2010

Zakat Fitrah Membersihkan Jiwa


Kemaren, baru aja geu ke mesjid membayar zakat fitrah gue dan keluarga gue. Maksudnya bukan pake duit gue gitu, gue cuma bisa mendistribusikan duitnya aja ke BAZIS, hehehe. Ramadhan tahun ini memang beda. Meskipun bukan yang pertama kali gue disuruh bayarin zakat (biasanya Alm. Bokap), gue tetep aja canggung buat bayarinnya. Dengan dianter sama sepupu gue, gue pun menuju mesjid terdekat. Sesampainya di mesjid, gue ketemu sama panitia zakat nan ramah yang merangkap juga jadi tukang sapu (wow, keren...dia langsung bersihin tangannya). Mesjid tampak sepi (emang biasanya gitu ya), cuma ada beberapa orang i’tikaf di dalem mesjid. Dalem hati gue, duh...calon surga kali ya orang-orang ini. Gak disia-siain banget sepuluh hari terakhir Ramadhan ini.

“Atas nama siapa, Bu ?”
Coba lihat kata yang dicetak tebel ya.. ‘Bu’ ! Hey, gue masih kelas 3 SMA, segitu tuir nya kah tampang gue ? Tapi ya...walau gue sebenernya pengen nuntut Bapak ini karena udah melakukan kebohongan publik, ya sudahlah...lagi puasa...hahaha.
“Untuk berapa jiwa, Bu ?”
“3 jiwa...”
Trus dia nanya-nanya gue sekeluarga pake beras yang berapaan. Ih, meneketehe...gue mah tau nya makan doang, hehe. Untung sepupu gue adalah asisten Nyokap di dapur, jadi tahu deh pake beras yang berapa. Trus diitung-itung, dan diserahkan duitnya. Wah, kok mahal juga ya...pasti gara-gara harga berasnya udah naik ya. Sambil nyatet kuitansi, bapak itu nanya, “Ini Ibu udah menikah atau belum ?”. Glek, langsung aja gue jawab, “Belum...waduh”. Lalu dia komentar, “Wah berarti harusnya panggil ‘Mbak’ ya..”. Gue nyengir, dalem hati bilang ‘nah itu tau !’.
“Ya kalo belum dapet suami...semoga diberikan suami”
Heeehh ??? Harus gue tunjukin apa ya kartu pelajar gue ...ups, kartu pelajar gue udah ilang :( .
“Amin...”jawab gue sambil senyum-senyum. Ya daripada gak dapet jodoh ya...hehe.
“Kalo udah bayar gini udah lega ya, Bu, namanya juga pajak jiwa kita tiap tahun..”
Dipanggil ‘Bu’ lagi ?!
“Hehe...iya, Pak...setahun sekali ini ya...”timpal gue. Gak berapa lama, dia selesai nyatet, nge cap, gue udah siap-siap mau ngeloyor pergi aja.
“Wah jangan pergi dulu Bu...kita doa dulu..”
Oh iya ya ! Lupa gue...dan dengan mengikuti ucapan Bapak itu, gue dan sepupu gue pun mengucapkan doa zakat fitrah.
“Nawaitu An Ukhrija Zakaatal Fitri ‘An Nafsi Fardhan Lillaahi Ta‘aala . Aku Berniat menunaikan zakat fitrah untuk diriku sendiri suatu kewajiban karena Allah Ta’ala”. Kemudian dilanjutkan dengan Al-Fatihah dan ucapan Amil menerima zakat.

Gak tahu ya, pas selama membaca doa itu, hati gue jadi tergetar...Subhanallah, Islam itu ajaran yang sangat indah yaa...Islam tidak hanya mengajarkan kita menyembah Allah SWT semata, membina hubungan yang baik dengan Sang Khalik...tapi Islam juga mengajrkan bagaimana membina habluminannas (hubungan dengan sesama manusia) yang baik. Salah satunya melalui zakat. Sebelum pergi, Bapak Amil yang baik hati memberikan sebuah buletin dari suatu badan penyalur zakat. “Untuk sekedar bacaan” katanya sambil tersenyum sumringah. Pulang dari mesjid, karena gak ada kerjaan juga, gue baca-baca tuh buletin. Wow bagus juga isinya (kok lebay ya gue..hehe). Ada editorial dari Direktur Utama badan zakat tsb (nama badan zakatnya gak usah disebutin ya), isinya kurang lebih gini, zakat itu memerdekakan. Merdeka tidak hanya terbatas pada konteks kebebasan dalam berbangsa dan bernegara, tapi juga merdeka merupakan salah satu tujuan dari zakat, yaitu memerdekakan para penerimanya dari kemiskinan, kebodohan, ketertinggalan, dan penindasan. Ini berlaku untuk semua zakat, tidak hanya zakat fitrah saja. Gokil, dahsyat juga ya efek dari yang namanya zakat =)

Lebih lanjut lagi tentang zakat fitrah....gak usah gue jelasin ya tentang ketentuannya, coba cari deh di buku paket agama, hohoho...hikmah yang terkandung dalam zakat fitrah pun gak kalah dahsyatnya. Pertama, kewajiban membayar zakat itu membersihkan jiwa kita. Iya, jiwa yang penuh dosa dan kemaksiatan ini bisa dibersihkan dari sebuah zakat...how amazing ! Kedua, merupakan bentuk pertolongan kepada sesama umat Muslim. Ternyata oh ternyata, harta yang kita miliki tuh bukan milik kita sendiri...hey, di dalemnya ada harta orang –orang yang berhak menerima zakat. Dan terakhir, zakat fitrah adalah sebagai tanda syukur orang yang berpuasa kepada Allah atas nikmat puasa. Ckck...

Nah, bagi yang belum bayar zakat fitrah, segerakanlah untuk membayar. Deadline nya nyampe pagi sebelum shalat Ied lho, kalo sesudah shalat mah cuma diitung sebagai sedekah biasa dan jiwa kita masih ‘berutang’. Zakat, yuk =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar