Jumat, 31 Desember 2010

Good Bye 2010, Welcome 2011 !

Dan gak terasa udah memasuki tahun 2011 aja ya.. gimana dengan malam tahun barunya ? Menyenangkan nggaaak?? *basabasi

Ada 3 hal yang paling jadi sorotan di tiap pergantian tahun : perayaannya, ramalan awal tahun, dan resolusi awal tahun.

Perayaan tahun baru ? Kalo bisa sih seasyik mungkin. Ada yang langsung ke tempat-tempat liburan, bikin barbeque, liat kembang api, keliling kota, de el el. Bisa bareng keluarga, pacar, atau teman-teman. Dan semua sama oke nya sih bagi gue. Sendiri ? Wow, no wonder. Bisa kali melakukan perenungan sendiri untuk instropeksi dan menyusun resolusi. Apapun itu, sebenernya di balik itu semua sebuah acara perayaan bukanlah acara yang spesial spesial amat. Cuma bagian dari tradisi aja. Karena tiap tahun orang merayakannya, kita pun ikut ngerayain. Karena hampir semua orang merayakannnya, kita pun ngerayain. Jadi kadang bukan murni memang keinginan kita sendiri lho untuk ngerayain itu semua.

Sepanjang gue hidup..ceila...gue ngerayain pergantian tahun baru dengan bervariasi. Seringnya gue rayain bareng keluarga besar gue, biasanya duduk depan TV, bakar ayam, atau main nitendo sampai pagi. Pernah juga jalan sama temen-temen ke alun-alun, pasar malam (wakakak), naik sepeda keliling komplek dan kumpul-kumpul aja di rumah temen, pernah juga jalan sama pacar sampai ngeliat sunrise bareng, dan pernah juga gue malah tidur aja dan bangun bangun...cling !..udah masuk tahun depan. Hahaha.

Untuk ngerayain pergantian tahun, sebenernya bukan cara atau sama siapa nya sih...yang penting maknanya. Apa sih yang bisa kita ambil hikmahnya di tahun lalu dan kita harpkan di tahun depan sehingga kita merayakannya ? Anggap aja perayaan tahun baru itu sebagai ‘bonus’ untuk diri kita sendiri karena udah berusaha keras memperjuangkan hidup kita di tahun 2010 :)

Hal yang kedua : Ramalan.

Ngomong-ngomong, lo masih percaya sama yang namanya ramalan ? Hehehe. Hmm...dipikir-pikir sih emang nggak ada nyambungnya antar rasi bintang di langit bisa mempengaruhi kehidupan manusia di bumi. Kalo rasi bintang tertentu bisa jadi penunjuk arah buat para petani atau orang dalam perjalanan sih gue percaya. Tapi kalo untuk kehidupan ? Wah kenapa gak sekalian aja semua benda langit dijadiin petunjuk hidup kalo gitu. Misal, kehidupan manusia bisa diramal lewat bentuk awan atau bentuk bulan...hahaha...cacat banget kan.

Tapi kalo gue sih ambil enaknya aja deh. Ramalan yang baik ya percaya, ramalan yang buruk gak usah dipercaya. Gitu aja kok repot. Ya gue nggak 100 % juga percaya sama ramlan yang baik, karena dalam agama gue hal itu dilarang...tapi kan nggak ada salahnya kalo ramalan yang baik itu kita jadiin motivasi. Contohnya pas nulis posting ini gue juga iseng liat ramalan di tahun 2011 yang katanya tahun kelinci. Ada tuh salah satu artikel ramalan bilang, zodiak gue diramal akan banyak dapat keberuntungan yang diharapkan. Wah amin sih kalo gitu mah, berarti gue harus berusaha lagi supaya apa yang gue harapkan bisa tercapai. Tapi...tapi...katanya di awal tahun hubungan percintaan gue akan menghadapi masalah gitu. Deh...boro boro masalah, punya hubungan percintaan juga nggak. Hahaha.

Gimana dengan resolusi awal tahun ?

Nah, ini nih yang kadang bikin orang suka bingung : ‘mau nyusun resolusi apa ya di tahun baru ?’ atau malah ‘bikin resolusi nggak ya?’. Tanpa kita sadari, sebenernya resolusi kita dari tahun ke tahun gak jauh beda. Tahun lalu pengen bisa jadi diri yang lebih baik lagi, tahun sekarang juga pengennya gitu. Tahun lalu pengen belajar lebih giat, tahun sekarang juga gitu..gak ada bedanya kan ? Bagus tuh kalo lu masih nyimpen atau inget resolusi tahun yang lalu..biar bisa lo bandingin sama keadaan sekarang..tercapai atau nggak ? kalo tercapai ya syukur, berarti udah waktunya lo bikin resolusi yg lain. Kalo nggak ya artinya lo itu cuma jalan di tempat aja selama ini. Sayang.

Orang yang selalu optimis tentu aja udah langsung sibuk bikin daftar resolusi, ditulis, terus disembunyikan di tempat tersembunyi atau malah ditempel gede-gede depan cermin. Beda lagi dengan orang yang pesimis kalo denger kata ‘resolusi’ bawaannya jadi malesss...pikir mereka, ngapain bikin resolusi segala ? nanti kalo nggak kesampaian yang ada malah sakit ati. Orang yang santai selalu berpikiran, ‘let it flow aja deh’, bukannya nggak sudi bikin resolusi, tapi kan hidup itu memang bak air mengalir...

Hmm...kalo disuruh milih, kayaknya lebih enak jadi golongan campuran antara optimis dan santai deh. Punya rencana hidup ya jelas dong...ibarat kalo lo keluar rumah tapi nggak tau mau kemana kan cacat itu... Tapi sampe niat banget segala ditulis dan didaftar ? Waduh, kok gue males ya...abis gue pernah tuh kayak gitu, dalam jangka sebulan, dari 10 rencana cuma 2 yang kesampaian. Haha...makanya gue kapok mau bikin lagi. Sebenernya menuliskan rencana itu bagus sih, seenggaknya kita jadi lebih spesifik menentukan rencana hidup kita. Dan ini memang dianjurkan oleh banyak motivator. Bahkan ada yang menganjurkan bikin lah daftar resolusi hidup sebanyak mungkin, dan seabsurd mungkin. Hmm...kalo banyak-banyak, hidup kita kok jadi kayak terprogram ya ? Setelah ini harus melakukan itu. Setelah dapet impian ini harus dapet impian itu. Bikin kita jadi ambisius. Ambisius sih boleh boleh aja, biar ada passion nya...tapi kalo berlebihan kan bikin kita kewalahan sendiri, apalagi kalo sampai menghalalkan segala cara...justru bisa merugikan orang lain. Gue pernah tuh punya temen yang resolusi nya adalah punya pacar pas kelas tiga. Ya boleh boleh aja sih...tapi dengan resolusi kayak gitu, justru dia menghalalkan segala cara. Deketin sana sini, sampai deketin seorang cewek dan deketin sahabatnya pula..ih, ujung-ujungnya jadi malah bikin enek semua orang. Dan itu karena dia udah bikin daftar 100 impian dia dengan impian punya pacar menepati urutan ke 17. Hahaha. Kalo masalah impian kita itu absurd atau nggak untuk diraih, itu relatif ya...mungkin bagi orang lain impian kita itu gila, tapi bagi kita impian itu bisa kita raih. Punya impian gila sih boleh-boleh aja...karena kehidupan pun bisa seperti sekarang berawal dari banyak impian gila anak manuis. Tapi mending sebelum bermimpi, kita ‘ngaca’ dulu deh siapa kita. Apa kita ini tipe orang bermental baja yang nggak pantang menyerah ? Apa kita ini konsisten untuk meraih impian gila kita itu ? Apa kita siap menerima segala resiko ? Dan kalo ternyata kita gak memnuhi semua kriteria untuk bisa bermimpi yang gila...mending gak usah deh. Yang ada kita sendiri yang kecewa dan bisa jadi beneran ‘gila’.

Untuk resolusi gue tahun ini : lulus UN plus diterima di UI jurusan Ilmu Perpustakaaan atau Ilmu Ekonomi.. Selebihnya...mengalir aja deh kayak air. Hehehe. Kalo bisa sehat terus sepanjang tahun...itu tergantung gimana usaha kita menjaga kesehatan. Kalau rezeki...itu tergantung dengan usaha kita. Kehidupan sosial dengan orang lain...ya tergantung gimana kita bersikap. Jadi biarpun mengalir kayak air, tetep harus dijaga suapay nggak kebawa arus dan mengalir ke tempat yang baik.

Anyway,
HAPPY NEW YEAR ALL ! JANGAN LUPA BELI KALENDER BARU !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar