Minggu, 19 Desember 2010

Kerok Punggungmu !

Kemaren-kemaren gue sempet masuk angin...dan itu rasanya gak enak banget. Badan lemes, mual-mual, kepala pusing..pokoknya gak enak deh. Kemasukan angin sama nggak enaknya dengan kemasukan setan. Dan nyebelinnya, untuk ngilangin nya itu : mau nggak mau, suka nggak suka, lo mesti kerokan. Iya, punggung lo dibalurin balsem/bawang merah/minyak trus dikerok pake uang koin. Pengobaatan ini terbilang ampuh dan akan menghasilkan efek yang sungguh dramatis. Punggung lo akan terlihat seperti habis disiksa kayak di film Passion of Christ. Konon, dulu Belanda katanya takut ketika ngeliat punggung orang Indonesia yang doreng-doreng. Dikiranya orang pribumi itu sadis-sadis. Lo percaya nggak ? Sama gue juga nggak...hehehe.

Tapi dasar orang Indonesia ya, kalo masuk angin ya pasti sembuhnya karena kerokan. Minum obat sih minum obat...tapi kalo belum kerokan pasti kurang afdol. Pas kemaren gue liat hasil kerokan dari nenek gue yang kebetulan lagi ada di rumah...wow ! Hasilnya merah banget. Katanya sih berarti itu angin udah nancep lama di badan gue. Dan kalo doreng-doreng merah nya makin banyak,berarti angin nya juga makin banyak. Sungguh mengesankan.

Iseng-iseng gue cari fakta-fakta seputar kerokan di Mbah Google. Ternyata....

-Faktanya, warna merah yang dihasilkan dari kerokan merupakan pertanda pembuluh darah halus (kapiler) di bawah permukaan kulit pecah sehingga terlihat jejak merah di tempat yang dikerok. Efeknya, pembuluh darah kulit yang semula menguncup akibat terpapar dingin atau kurang gerak menjadi melebar sehingga darah kembali mengalir deras. Keren banget ya orang jaman dulu tau aja tehnik kayak beginian.

-Penambahan arus darah ke permukaan kulit ini meningkatkan mekanisme pertahanan tubuh terhadap serangan virus. Selain itu, kerokan akan membuat penderita masuk angin merasa nyaman karena saat kerokan tubuh telah melepas hormon endorfin yang mengurangi salah satu gejala masuk angin yaitu nyeri otot.

-Asalkan tidak menjadi kebutuhan primer, kerokan tidak berbahaya. Namun, jika terus-terusan kerokan, ini bisa mengakibatkan banyak pembuluh darah kecil dan halus pecah. Tak hanya itu, kerokan juga bisa menimbulkan kecanduan karena efek hormon endorfin yang dikeluarkan tadi. Sebentar, homon endorphin ? Hormon endorfin bukan nya hormone yang bikin seneng kayak orang lagi jatuh cinta ya? Ah gue kalo lagi kerokan malah ngerasa sakit,ga ada seneng-senengnya…mungkin maksudnya geli gitu ya?

-Di Vietnam, orang menyebut kerokan dengan cao giodi, di Kamboja dnegan sebutan gah kyol, di China dengan sebutan gua sua. Bedanya, orang China memakai batu giok sebagai alat pengerok, bukan kepingan uang logam. Oh..ternyata bukan cuma punya Indonesia ya...yah ga bisa dibikin hak paten dong ya :p

Nah, cekalang calah udah ce’at lagiiii :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar