Minggu, 18 April 2010

Curhat Lewat Tulisan


Apa loe termasuk orang yang suka curhat lewat tulisan ? Lewat blog loe, atau lewat notes di facebook loe, atau lewat tweets loe atau malah lewat diary jadul yang ada gemboknya dengan kata-kata pembuka ‘Dear Diary...’?Hehehe. Kalo gitu selamat, deh. Walau sebenernya gak dianjurkan juga curhat berlebihan di tempat umum, tapi apapun medianya, loe udah termasuk orang yang sehat. Kenapa ? Ini buktinya, cekidot !=P

Tidur lebih nyenyak

Menurut Michael Brus PhD, penulis Beauty Sleep, menuliskan perasaan le sebelum tidur bisa bermanfaat sebagai relaksasi yang bisa membuat tidur loe lebih lelap. Bahkan, pasti ada kan di antara loe yang memilih curhat lewat SMS malem-malem sebelum tidur? Ya karena curhat lewat tulisan itu kadang malah lebih ‘nyampe’ isi curhatnya dan lebih leluasa ceritainnya daripada nelpon langsung.

Jantung lebih sehat

Emosi yang disalurkan via tulisan bisa menurunkan tekanan darah dan nenangin detak jantung loe.*likethis

Jauh dari stress

Menurut penelitian terkini yang diterbitkan oleh American Journal of Public Health, sebulan penuh mengekspresikan diri lewat menulis bisa mengurangi tekanan darah tinggi. Mungkin loe ngerasa lebih buruk saat menuliskan kekhawatiran loe, berhenti sejenak paling nggak 3 hari samapi loe melewati fase itu.

Tapi sedikit catetan dari gue ya, kalo loe terus-terusan menulis hal-hal negatif tentang curhatan loe...yang ada bukannya stress berkurang, loe malah akan tambah stress. Yaiyalah, otomatis pas loe baca ulang tuh tulisan, loe akan ngerasa ‘kok keadaan gue buruk banget...’. Ujung-ujungnya loe jadi mengasihani diri loe sendiri dan ngerasa keanya dunia udah mau kiamat aja. Mending nih, loe tulis juga kalimat-kalimat motivasi yang bisa bikin loe semangat dan loe tulis juga keyakinan bahwa masalah loe ini bisa selesai dengan baik. Contoh ya, karena orang paling banyak curhat tentang cintrong-cintrongan, loe bisa tulis gini kalo cerita loe itu semacam kasih tak sampai : ‘Gila ya, ternyata kasih gue gak nyampe-nyampe. Sial nih, TIKI (Titipan Kilat). Liat aja entar kalo gue udah punya kurir langsung, pasti bisa nyampe !’ (apa coba?hehehe).

Meningkatkan kekebalan tubuh

Penelitian di University of Texas di Austin menyarankan penyaluran emosi lewat tulisan karena bisa meningkatkan sel darah putih yang mampu mencegah infeksi. Keren juga.

Tapi....

Ada kalanya kita juga harus menyaring dulu apa yang mau kita tulis. Kalo loe nulis di diary bergembok atau note di HP sih...its okay. Tapi kalo loe terbitin di tempat-tempat umum seperti FB,Twitter,Blog,de el el, loe harus lebih cerdas menyaring mana yang boleh ditulis mana yang enggak. Dan gue sendiri juga masih terus belajar banget hal ini. See? Curhat lewaat tulisan juga bikin kita lebih bijaksana =).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar