Kamis, 01 April 2010

Teror Olimpiade


Teror Olimpiade

Okay, judul di atas kayaknya agak lebay gimanaaa gitu.

Well, kenapa gue bilang begitu...adalah karena olimpiade bikin gue, mau gak mau, stress. Jadi gini, kira-kira dua bulan yang lalu, gue ditarik (tali kali ah ditarik) sama sekolah gue untuk ikut Olimpiade Ekonomi. Eh, nggak gitu deng, gue ikut seleksi Olimpiade atas kemauan gue sendiri, dan akhirnya lolos untuk mewakili sekolah ikut Olimp. Eh, sebenernya keinginan untuk bisa berpartisipasi di olimp Ekonomi (mantan pelajaran yg gue suka-rasa suka gue mulai berkurang karena gurunya udah ganti) dari kelas sepuluh. Yaaaa pokoknya gue ikut Olimp deh. Ah ribet amat ini bahasa gue.

Mulailah sejak gue ‘resmi’ akan mewakili sekolah, gue ikut BIP (Bimbingan Ilmu Pengetahuan) Ekonomi sama guru pembimbing yang konon baru akan gue temui pas di kelas 3 nanti. Sebut saja namanya Pak Ed (yah, boleh juga loe artiin namanya Edward...).Sebelum BIP mulai, tiap peserta dikasih uang saku untuk 8 kali pertemuan BIP sebesar 52 ribu perak...bagian yang paling gue suka dari Olimp ini. Hehe...(uang itu langsung gue abisin dalam sekejap).

Sebenernya gue cukup antusias sih ngikutinnya. Walau Pak Ed kadang2 membosankan, tapi ya so far so good lah. Namun makin berjalannya hari, anak2 olimp bidang gue ini mulai males2an...termasuk gue. Dan kita pun sukses menularkannya pada Pak Ed. Akhirnya, tercatat dua kali BIP gak jalan, apalagi dipotong sama libur UN kelas 3...gue udah bener2 ngeblank sama materi2 olimp. Dan kemarin2....baru aja gue masuk setelah libur UN...dateng kabar yang gak diduga sebelumnya. Bagai petir di siang bolong. Salah, bagai Pak Ed berubah jadi Edward Cullen. Unpredictable. Sangat gak biasa. Ah yaudah deh...alias olimp dipercepat. Dugaan guru2 salah, yang tadinya memprediksi akhir April, bahkan bulan Mei...jadi minggu depan ! Dari awal gue emang agak2 ilfil juga sih, abis waktu pelaksanaannya gak pasti gitu dari Dinas Pendidikan. Tapi yasudahlah...

Tahu pelaksanaannya minggu depan, tentu aja banyak yang panik. Yaiyalah, materi kan masih banyak banget. Kalo dibilang gak siap...ya...emang gak siap. Bukan cuma anak2 bidang gue aja yang ngerasa gak siap, tapi juga bidang2 lainnya seperti MTK,Fisika, Astronomi,dll. Gak tahunya hari Selasa kemarin dikasih tahu harus bawa foto 3x4 sebanyak 3 lembar, isi biodata, fotocopy raport...ngedadak banget. Akhirnya hari Selasa itu semua anak dikumpulin sama Wakasek buat bicarain tentang olimp yang nyebelinnya...ada persyaratan khususnya. Jadi, loe baru bisa ikut, khusus untuk Ekonomi, kalo nilai ekonomi di raport loe minimal 80. Langsung aja gue dan temen2 di bidang gue pada spechless. Jah...kemarin UTS aja Ekonomi gue diremed...

Trus, guru pendamping semua anak, yang paling sibuk deh ngurusin Olimp ini, sebut aja Bu No (bukan, bukan No Way !) menunjuk satu anak dari tiap bidang sebagai koor untuk ngurusin tetek bengek temen2nya di bidang itu yang gue sebut di atas. Dan wallahi...gue ditunjuk. Tugas pertama koor adalah mencari foto2 anak2 di bidangnya termasuk foto gue juga, di koperasi. Maksudnya daripada cetak ulang dan biar seragam gitu. Tanpa kesulitan yang berarti, gue menemukan foto2 itu. Tapi sumpah ya, demi apapun, gue gak pengen liat foto gue sendiri. Sedikit cerita, kejelekan dan keanehan wajah gue sudah melegenda di pas foto sekolah. Dari mulai TK sampai SMA...gak ada satupun yang fotogenik, dan gak ada satu pun yang berani gue kasih liat ke orang. Apalagi foto buat biodata peserta olimp...ampun deh,disitu gue lagi senyum, tapi senyumnya ketarik bin maksa gitu. Keliatan banget gue berusaha tampil elegan...tapi gagal. Dan dengan suksesnya wajah gue yang kotak banget (saking kotaknya,banyak anak2 di kelas gue yang manggil gue “Kotak”), terekspos dengan begitu dahsyatnya (lebaiii).

Sekian untuk foto gue, berlanjut ke urus mengurus biodata. Tugas gue berikutnya adalah memastikan anak2 bidang gue mengumpulkan biodatanya, biodatanya terisi lengkap, gue juga harus punya nomor mereka masing2 (salah satu anak bidang gue kasih nomor bokapnya...gubrak!),nempelin foto mereka, streples sana streples sini, tulis2 dikit, mindahin nilai2 mereka ke kertas yang dikasih Bu No. Oh ya, tentang Bu No ini...tiap gue menyelesaikan satu tugas, Bu No langsung bilang,”Eit, jangan kemana-mana dulu...nih kamu mesti...”.Yak, mungkin dia udah tau gelagat gue pengen kabur aja. Akhirnya urusan2 itu pun selesai juga...lalu gue diapnggil Pak Ed. Beliau ajak gue ngomong tentang penyusutan peserta. Bukan, bukan badannya yang disusutin...tapi jumlahnya. Jadi emang denger2, ada berita peserta yang dikirimkan kuotanya 5 orang...sedangkan hasil seleksi peserta kemarin dipilih 7 orang, mengacu pada jumlah peserta olimp tahun lalu. Dan ternyata berita itu benar. Bingung deh Pak Ed siapa yang mau dieliminasi. Setelah ngobrol2, diambil keputusan untuk mengeleminasi 2 orang dengan nilai rata2 terendah dan gak mencapai 80, karena nilai 80 ini termasuk syarat mutlak. Untungnya, gue 84 komaan. 2 orang temen gue yang nilainya di bawah 80...akhirnya harus mundur. Yak, bagian ini gak usah diperjelas, gue rada gak suka juga, soalnya salah satu dari mereka udah temenan cukup dekat sama gue selama BIP.

Dan kapan teror itu dimulai ? Ya, mulai Rabu ini !

Tanggal pelaksanaan adalah 7 April 2010, yang artinya Rabu depan. Well. Next Wednesday will not same anymore...

Gue langsung minjem buku2 kelas 3 sama kakak kelas gue, sama temen gue, juga ngembat materi BIP tahun lalu dari anak kelas 3. Gue udah tekad, bakal gue lahap abis tuh buku semua. Kalo perlu pake sambel dan nasinya juga (gila loe, emangnya makanan ?).Gue pernah baca di suatu buku, kalo kita mau jadi juara, kita harus berbuat lebih, berjuang lebih keras daripada yang lain. Istilah kerennya : going extramiles. Dan dengan semangat persatuan dan kesatuan (apa sehh), gue akan mewujudkan istilah itu.

Gue udah atur alarm hape gue supaya tiap pagi gue akan terbangun jam 4. Kayak tadi, gue bangun jam 4, dengan godaan yang begitu dahsyat untuk tidur lagi...gue akhirnya nyeduh kopi. Tapi yang ada perut gue jadi enek, dan ujung2nya morning call. Hehe...
Selepas morning call, gue pun belajar. Target gue, karena persiapan tinggal seminggu lagi, gue harus paling enggak belajar dua bab dalam sehari. Pengen muntah ? Iya...dari tadi ! Tas gue pun gue jejali buku2 ekonomi yg tebal2 untuk gue baca kalo ada waktu kosong di kelas. Sayangnya sih gue lebih tertarik untuk ngobrol2 sama anak2 bangku belakang atau ngegosip sama temen2 cewek. Jadi buku2 itu cuma pemberat tas semata. Pulang sekolah...gue langsung pulang. Gak ada yang namanya ngurusin ekskul atau OSIS, atau sekedar main2 dulu. Gue langsung makan dan tidur siang. Tidur siang cuma 1 jam, karena ada penelitian yang bilang lebih dari segitu bikin males dan gemuk. Akhirnya tidur siang pake alarm juga....sumpah,gue bosen banget denger Fergie nyanyi Labels Or Love...kayaknya udah mesti diganti nih nada alarm yg cukup ngagetin dan bikin efek terbangun loe kayak drakula baru bangun atau abis mimpi buruk.

Bangun tidur, gue belajar lagi...nyeduh kopi lagi...sampe Nyokap gue ngomel2 karena kebiasaan gue bisa mempercepat krisis kopi di rumah. Gue belajar dari jam 14.30 sampe 16.00. Nyokap gue cerewet lagi, gue tetep harus nyapu2 rumah. Akhirnya gue nyapu...terus nulis note ini deh.hehe.

Okay, rencananya, abis gue nulis ini, gue mau mandi, abis itu...ya loe tahulah, belajar lagi. Yah...paling paling sampe jam 21.30 kayak semalem. Gue nyempetin 10 menit istirahat tiap kali udah capek. Dan...ini akan berlangsung sampai seminggu ke depan. Wish me luck, guys !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar