Minggu, 13 Juni 2010

Belanja Oh Belanja


Apa yang terlintas di pikiran loe kalo denger kata pasar tradisional? Biasanya, langsung kepikiran pasar yang bau, jorok, kumuh...dan ajaibnya segala makanan sehari-hari kita berasal dari situ...keren !

Pikiran loe gak sepenuhnya salah, karena gue juga merasakan hal yang sama....karena itu gue paling males pergi ke pasar tradisional. Dan stereotipe tentang pasar itu juga banyak dialami orang-orang, kecuali ibu-ibu, Makanya banyak perusahaan properti yang rame-rame membangun pasar tradisional yang nyaman, bersih dengan harga yang terjangkau pastinya. Untuk nyaman sih gak usah pake AC lah ya, namanya bukan pasar tradisional lagi dong kalo pake AC...contohnya Pasar Kranggan Mas yang deket rumah gue. Letaknya di daerah Kranggan, ke arah Cibubur gitu...ini nih pasar tradisional yang menurut gue ya...lumayan lah...selain bersih, gak becek (karena pake ubin), juga pasar ini sama juga harganya kayak pasar tradisional yang bechek-bechek itchu (gaya ngomongany kayak Cinta Laur* ya). Ada juga sih daerah bechek nya, itu di bagian daging-daging gitu, letaknya di bawah. Tapi kalo bagian pakaian, perlengkapan rumah tangga, food court dan toko emas (cling cling cling) itu yaa okelah...

Nah, tadi, baru aja gue abis dari sana sama Nyokap. Gara-garanya, gue ngidam banget sama jaket jeans, kalo bisa yang warnanya washed, agak-agak pudar gitu...suka ih liatnya. Dan atas hasutan Nyokap gue, kesanalah gue. Iya, Nyokap gue menghasut gue bahwa baju-baju di Pasar Kranggan tuh gak beda dengan baju-baju di mall, harganya juga miring banget (umm...kayaknya Nyokap gue ngarah ke alesan terakhir ini deh). Dan dalem angan-angan gue, gue bakal make jaket itu pas study tour penelitian sosial anak-anak IPS tanggal 16 Juni nanti ke Desa Parakan Salak, Sukabumi.

Dengan naik motor, berangkatlah gue dan Nyokap. Satu ya yang paling gue gak suka kalo boncengan sama Nyokap gue...Nyokap gue itu parno abisan orangnya. Beliau bakalan cerewetin gue sepanjang jalan, kasih sen kalo mau belok, rem kalo ada polisi tidur, pelanin kalo lewat jalan berbatu...yaoloh, gue juga tauuu. Dan kalo ada truk gede lewat, Nyokap bakalan panik, seakan-akan kita akan mati bersama dilindes truk saat itu juga. Makanya kalo jalan sama Nyokap itu gue selalu bawa motor dengan pelan...alon alon...persis kayak orang pacaran boncengan (aih, orang pacaran boncengan juga gak gitu-gitu amat ya). Sebelum ke pasar, kita mampir dulu ke Yamaha Service untuk ganti oli motor gue yang ternyata oli yang lama itu udah item bener lebih item dari orang Afrika. Gak berapa lama, setelah melewati jalan yang banyak lobangnya (katanya dapet Adipura...kok jalannya masih begini ya?), akhirnya sampelah gue dan Nyokap di pasar. Tapi baru aja selesai parkir, penyakit gue kumat. Sst, jangan bilang-bilang ya, gue itu kalo abis naik kendaraan dari mana-mana pasti...pipis. Gak tahu kenapa deh. Makanya tiap pagi tuh, temen-temen di kelas gue jadi saksi idup betapa besernya gue ini. Baru dateng, masuk kelas, pasti bakal, “Eh, temenin pipis yuk...”. Hahaha.

Gue sempet khawatir juga nih pipis di pasar. Secara image pasar yang kayak gitu kan...jadi gimana gitu...gue udah ngira nih, pasti toiletnya itu kotor, bau, gak berperikemanusiaan deh. Nyokap gue, yang merasa udah fasih banget ke pasar ini dan menjadi langganan beberapa toko emas (langganan ngeliat ngeliat doang maksudnya), langsung menggiring gue ke toilet. Tapi setelah muter-muter, jalan-jalan, kok kayak balik-balik lagi...lho, kok ketemu toko kue ini lagi...”Katanya udah hapal...”ledek gue. Nyokap tersipu-sipu, lalu akhirnya nanya deh sama orang (jiah...). Pas beberapa meter aja dari WC yang dari kejauhan bertuliskan gede-gede ‘WC UMUM’, udah terdengar keras-keras suara musika yang tidak asing lagi di telinga remaja Indonesia...yak, betul sekali, suara denting piano ‘Rasa Ini’-Vierra mengalun dari radio yang di speaker milik penjaga toiletnya (gubrak!). Begitu masuk, cukup surprise gue, ternyata toiletnya bersih...di WC cewek ada 4 kamar mandi. Dua dengan WC duduk, dua lagi WC jongkok (penting gak sih gue ngasi tau ? dan penting gak sih gue itungin tuh kamar mandi?). Dan selama berada di kamar mandi, gue mendengar suara Widi Vierra itu melantun merdu...uhuk uhuk. Keren nih toilet...ada live musiknya segala. Gue jamin, loe kalo ke toilet di mall-mall besar juga gak bakal ada deh live music kayak gini. Cukup dengan seribu saja ! Setelah pipis, dimulailah perburuan mencari jaket jeans. Di toko pertama, kita sebenernya udah nemu. Tapi prinsip gue, kalo udah belanja, jangan liat ke satu toko doang (yaiyalah ya, namanya juga belanja...matanya kan juga ‘belanja’). Namun setelah muter-muter sampe kuping gue pengang denger tiap penjual pasti nyapa, “Boleh...”, kita akhirnya kembali ke toko pertama...yak, ternyata hanya jaket jeans di toko pertama yang sesuai selera gue. Warnanya gak washed-washed amat sih, tapi mendekati lah...acara tawar-menawar pun dimulai. Pertama dibuka harga 85...Nyokap gue bilang 50, penjual bilang 80, Nyokap kekeuh 50. Penjual bilang 75, Nyokap pun menaikkan 60. Penjual bilang 75 udah mentok banget (kata-kata klise : “Aduh...segitu belum dapet, Bu, ini udah saya kasih murah deh...). Nyokap gue akhirnya naikin dikit...65.

Penjual : Yah,lempengin aja atuh, Bu...70 gitu...
Nyokap : Ah, udah segitu aja, Mbak...buat makan bakso nih...
Penjual : Si Ibu mah...naikin dikit gituh...
Nyokap : Tadi kan udah saya naikin..yaudah ya, 65 aja...

Lalu mengambil strategi jitu dalam dunia tawar menawar yang sudah amat melegenda : pura-pura pergi. Baru jalan beberapa langkah, kita pun dipanggil-panggil lagi.”Bu, 70 yah...”(jahilah, ini penjual masih aja...). Nyokap gue pun memasang tampang ogah, “65 ah..”. Kita pun pura-pura pergi lagi dan...”Bu,Bu...iya deh...”. Haduh, sungguh ribet ya orang Indonesia, ck.

Singkat cerita, akhirnya jaket terbeli juga. Setelah beli jaket, kita pun makan di foodcourt. Yang dimaksud foodcourt ini adalah area di tengah-tengah deket tangga utama yang banyak kios makanannya. Ada nasi padang, nasi uduk, bakso, dll. Nyokap makan nasi padang dan gue milih bakso. Jadi inget, dulu pernah nih suatu ketika gue makan disini sama Nyokap. Eh, trus ada seorang lelaki, umurnya sekitar 25 an gitu. Rambutnya gondrong, tampangnya mirip mirip Tio Pakusadewo lah. Dia itu lagi duduk, trus ngeliatiiin kita mulu. Nyokap dan gue saling lirik-lirikan sepanjang makan. Agak ngeri juga kan. Kita mikirnya, nih orang mungkin lagi ngelamun dan kebetulan ngelamunnya ke arah kita karena tatapan matanya juga kosong gitu. Waktu itu kita lagi makan pecel ayam. Dan pas pengen abis, tiba-tiba dia nyamperin dengan tampang tanpa ekspresi. Dengan sikap dingin dia nanya ke Nyokap gue, “Ayamnya enak ya ? Ini udah gak dimakan,kan ?” Tangan lelaki itu udah mau nyamber piring kita yang masih ada nasi dan ayam sisa. Nyokap gue masih agak terpana, tapi buru-buru jawab, “Eh iya...enak...udah ko...” Gue juga rada takut tuh...takutnya tuh orang pengen nodong atau gimana...kan ngeri..hiiy. Lalu dia ngambil piring bekas kita, dibawa ke pojokan, dan makan dengan lahapnya. Asli, gue dan Nyokap sungguh shock liatnya. Kita masih terpaku aja ngeliat tuh orang aneh, sampe akhirnya kita memutuskan untuk segera cabut aja dari tempat itu. Pas bayar, Nyokap gue sempet bilang ke Mbak-Mabk penjualnya, “Mbak, itu piringnya...diambil sama orang itu”kata Nyokap gue sambil nunjuk tuh orang. Dan ternyata oh tenryata, berdasarkan cerita Mbak itu...orang itu ternyata orang gila ! Wah, gak nyangka deh, abis pakaiannya tuh kayak orang waras...yang lebih absurd lagi, dia itu emang suka gitu ssama pengunjung, tapi nanti juga piringnya dibalikin lagi. Eamng laper mulu tuh orang bawaannya. Beberapa saat sebelum pergi, gue dan Nyokap ngeliat dia lagi melobi makanan sisa sepasang ibu dan bapak. Oh my Godness...dan tadi, untungnya, orang itu udah gak ada lagi. Kabarnya, dia sekarang menghilang entah kemana...

Sungguh sebuah acara belanja yang aneh...dan pulangnya, Nyokap masih sempet sempetnya beli koran Poskota cuma karena tertarik dengan judul : Ariel Disumpah Pocong. LOL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar