Selasa, 29 Juni 2010

Kriptografi, Seni Main Rahasia


Mungkin masih sedikit di antara kita yang pernah dengar kata ‘Kriptografi’ (Kriptografi ya, bukan Kleptografi). Nah, Kriptografi itu adalah sebuah metode untuk memproteksi informasi dengan mengkodekan pesan menggunakan pola-pola tertentu untuk membuatnya sulit terbaca sehingga untuk membacanya perlu diterjemahkan khusus dulu. Gampangnya, Kriptografi, secara umum adalah ilmu dan seni untuk menjaga kerahasiaan berita [bruce Schneier - Applied Cryptography]. Oh ya, sejarah Kriptografi sendiri adalah Kriptografi (cryptography) berasal dari bahasa Yunani yaitu cryptos artinya rahasia (secret) dan graphein artinya tulisan (writing). Kriptografi jadul alias Kriptografi klasik biasanya pengkodean itu secara huruf per huruf dan masih ngegunain bahan-bahan sederhana seperti kertas dan pensil. Kalo Kriptografi sekarang ? Wah, bukan lagi mengacu pada huruf, tapi pake sistem biner dan diaplikasikan sama komputer digital (gue nulis ini sambil gigit jari deh).

Ada dua langkah dalam Kriptografi (cuma dua sih, tapi bisa bikin kepala loe botak lah) : yaitu enkripsi dan dekripsi. Enkripsi itu adalah sebutan untuk proses pengubahan informasi yang mau loe kirim jadi kode rahasia. Dekripsi adalah penterjemahan kode-kode itu ke informasi yang sebenernya. Ribet amat ya pengen ngomong aja ? Ckck. Tapi jangan salah lho, Kriptografi ini berguna banget lho di berbagai bidang yang memerlukan keamanan informasi seperti kerahasiaan, integritas data, nirpenyangkalan, otentikasi. Ibaratnya kayak film Mission Impossible dan film agen-agen gitu deh. Buat loe yang suka maen rahasia-rahasiaan, Kriptografi cocok nih buat dipelajari. Siapa tahu loe bisa menciptakan seni gosip gaya baru ? Hehehe. Untuk tahu lebih lanjut silahkan bisa ditanya ke Mbha Google yaa.

Sebenernya ada banyak banget metode Kriptografi di dunia ini. Gue sendiri paling suka deh kalo baca cerita Sherlock Holmes yang ada sandi-sandinya (tapi sebenrnya gak ngerti). Ada juga tuh alat Kriptografi Lorentz yang dipakai Jerman saat PD II yang digunain untuk ngirimin sandi-sandi rahasia gitu deh. Nah, salah satu metode Kriptografi yang dulu paling banyak digunain dalam perang adalah metode yang diciptain Julius Caesar. Dia menggunakan metode ini untuk melindungi strategi perangnya dari konspirasi dan takut-takut sampe jatuh ke tangan musuh. Gimana metodenya ? sebenernya gak sulit-sulit amat, yaitu dengan merotasi alpahabet. Jadi, pertama loe pilih angka kunci untuk merotasi alphabet itu. Misalkan, loe pilih angka kunci nya 13. Berarti loe harus merotasi alphabet dari huruf ke 13. Jadi, huruf ke 13 dari bawah (yaitu huruf ‘N’) bakal jadi huruf awal dari alphabet.

Contoh = => A B C D E F G H I J K L M N O P Q R S T U V W X Y Z

Bakal jadi = => N O P Q R S T U V W X Y Z A B C D E F G H I J K L M

Kalo udah gitu, jadi loe akan ngartiin N=A, O=B, dst...

Sekarang coba loe artiin sandi-sandi dari gue ya :

GTNAX GB ERNQ LNN =)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar