Rabu, 30 Juni 2010

Penuaan Memori (zzz)

Gue udah cerita kan ya kalo gue itu sangat pelupa ? Yak, memori otak gue itu sangat pendek untuk mengingat hal-hal kecil. Semisal janji, hal-hal kecil yang harus gue lakuin, bahkan kadang nama orang pun gue gak lupa. Anehnya, kalo pelajaran sama kejadian-kejadian penting..gue jarang lupa. Apalagi kejadian yang gak mengenakkan gue susah untuk lupa. Zzz.

Nah, kembali ke sifat pelupa gue akan hal-hal kecil. Walau kecil, kadang hal-hal itu merepotkan. Makanya, gue selalu sedia buku kecil untuk nulis semua agenda kegiatan gue sampe nulis PR-PR apa yang dikasih...bahkan gue juga nulis hal-hal apa yang mau gue lakuin...karena gue pasti lupa kalo gak dicatet. Lama-lama berasa repot juga sih...apalagi gue jadi tergantung banget sama buku kecil itu. Kalo ketinggalan, wah...habislah gue. Hape pun jadi sasaran ‘kepikunan’ gue. Kalender hape gue jadi penuh dengan tanggal-tanggal cetak tebel (artinya ada sesuatu di tanggal itu), dan hampir tiap hari alarm hape gue bunyi mulu buat ngingetin semua jadwal gue. Serasa kayak robot kadang-kadang.Kalo temen gue butuh sesuatu ke gue, syaratnya adalah...harus SMS,ingetin gue. Minimal dua kali SMMS lah...SMS petama buat ngingetin gue untuk ngelakuin apa yang harus gue lakuin, SMS kedua ngingetin gue untuk bawa barang itu. Kalo enggak, gue pasti lupa. Dulu, les aja gue suka lupa kalo nggak diingetin Nyokap. Ribet ? Ya siapa suruh berurusan ama Miss Pikun ? Hehehe.

Tiba tiba, baru aja tadi gue baca sebuah artikel di majalah Nyokap-Nyokap..isinya bikin gue rada shock (lebaaay nih). Selama ini, gue pikir dengan semua alat bantu itu bakalan ngasah otak gue jadi gak pelupa lagi. Ya, gue emang jadi gak lupa...tapi karena dibantu. Dan itu jadi bikin memori otak gue ketergantungan. Bukannya inget, malah jadi makin pelupa. Gini nih artikel yang gue baca :

Penuaan Memori <= = ini kok serem ya judulnya ?

Telepon seluler dan navigasi dalam mobil serta alat bantu pengingat lainnya dapat mempercepat penuaan memori. Para peneliti di Jepang melakukan tes terhadap ingatan sekelompok orang berusia 20-30an tahun yang sehat secara fisik dan emntal, ditemukan bahwa satu dari sepuluh orang tsb memiliki masalah ingatan yang lebih umum diidap lansia. Ternyata, ketergantungan pada alat bantu seperti daftar nomor telepon dalam ponsel dan sistem navigasi di mobil telah memanjakan bagian otak yang membantu melatih ingatan dan mempertajam orientasi ruang (bahasanya ribet, bikin ngeri lagi...masa otak gue punya tanda-tanda kayak otak lansia ? Ntar kalo gue jadi lansia..otak gue kayak apa lagi??)

Untuk menunda prosesnya, latihlah ‘otot’ otak Anda. Lain kali akan menelepon seseorang, coba gunakan ingatan Anda untuk mencari nomornya (wah,ini gak mungkin nih). Ketika akan membeli kebutuhan harian saat belanja bulanan, jangan bawa daftar (ah,tidak...gue kalo disuruh belanja ke tukang sayur tanpa tulisan bisa-bisa gak makan keluarga gue). “Menggunakan kekuatan otak Anda akan memperkuat koneksi antarsel otak dan pada akhirnya meningkatkan ketajaman mental,”ujar neuropsychologist Professor Ian Robertson of Trinity College di Dublin, Jerman <= = ini siapa sih ? sok tau bener =P.

Waduh, berarti selama ini...(adegan shock kayak di melodrama). Pantes, gue makin pelupa..gara-gara alat bantu nih yang manjain otak gue...ckck. Eit,tapi kan gue make alat bantu juga gara-gara saran dari sebuah buku psikologi remaja yang pernah gue baca. Tujuannya itu supaya kita lebih bisa memanage waktu dengan baik. Lho, mana yang bener ini ?

Ah, emang dasar gue nya aja kali ya gak bisa bedai mana yang namanya buat nge manage waktu, mana yang jadi ketergantunga. Okelah, untuk manage waktu, tapi harusnya gue juga pake ingetan gue juga ya, jangan cuma ngandelin alat pengingat...betul nggak ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar