Sabtu, 12 Juni 2010

Episode Of UKK : Episode 2 -The End

Sorry before...tadinya gue janji mau cerita jungkir balik UKK gue per episode, eh...malah ngilang dan baru sempet cerita sekarang, pas hari terakhir UKK.Oke, langsung aja ceritanya ya. Hohoho.

Episode 2 = = > Colek Dikit Dong Om...Pialanya.

Di hari kedua ini, pelajarannya ada Sosiologi dan Penjaskes. Sosiologi ? Yak, lumayan lancar untuk Sosio...satu hukum contek menyontek yang musti loe tahu adalah : segalak apapun pengawasnya, selalu ada celah untuk mencontek. Jadi jangan putus asa dan gampang menyerah untuk mencontek...yeah ! Dan...tibalah Penjaskes..gue trauma banget sama pelajaran yang satu ini. Bayangin, selama seumur hidup gue di SMA...gue selalu di remed kalo ulangan Penjas ! Sungguh bukan anak Indonesia yang sehat. Jadi untuk pelajaran Penjas...gue pasrah. Sebenernya, bukan gue itu gak sehat atau apa, dan bukan karena gue gak belajar juga...tapi beneran, pelajaran ini tuh absurd banget. Semua bahannya yang keluar dari LKS, dan walaupun udah ngapalin nyampe merem melek juga tetep aja...remed.

Lupakan sajalah soal Penjas itu yang selalu bikin gue bingung...yang seru dari episode ini adalah...pulangnya ! Udah dari pas jam istirahat, Wakasek gue,Pak Wi, manggil semua ketua ekskul, baik fisik maupun non fisik. Kebetulan gue ketua ekskul non fisik E-COM (English Community). Tadinya gue gak mau dateng memenuhi panggilan beliau...sama aja cari mati, seragam putih gue gak ada bet nyaaa. Males banget kalo ampe kena coret coret. Dan...”Ketua ECOM, diharap datang ke sumber suara. Ketua ECOM diharap ke sumber suara...Ketua ECOM...Ketua ECOM, sekali lagi, Ketua ECOM segera ke sumber suara !”. Sebuah suara yang amat gue kenal memanggil-manggil dengan merdu dan mendayu-dayu (??) di telinga gue. Ternyata emang cuma ekskul gue yang belum dateng gara-gara Ketua nya ngumpet di kelas. Hahaha (ketawa setan). Dengan sedikit akal bulus nan mulus, gue menghadap ke Pak Wi dengan memakai cardigan hitam yang gue rampok dari junior ECOM gue. Ternyata, semua ketua Ekskul dipanggil untuk segera mengkoordinasikan para anggotanya, minimal 20 orang untuk menyambut arak-arakan piala Adipura yang bakal lewat jalan raya depan komplek dimana sekolah gue berada karena sekolah gue merupakan salah satu titik pantau penilaian Adipura di kota gue selama ini. Bagaimana kita menyambutnya ? Yak, cukup dengan teriak-teriak, mengibar-ngibarkan bendera merah putih dengan antusias, berakting seolah-olah kita sangat bangga dengan piala Adipura...rock you, baby ! Well, sebenernya bangga juga, Bekasi dapet juara Aipura sebagai Kota Tebersih se Indonesia setelah 3 tahun berturu-turut sebelumnya dinobatkan sebagai kota terkotor (ouch !).

Dengan gaya super pede, seluruh perwakilan ekskul dan anak-anak OSIS pun ke depan komplek menyambut arak-arakan piala Adipura itu. Kita sangat bersemangat, saking semangatnya sambil menunggu rombongan Pak Walkot lewat, semua yang lewat kita sorakin. Yang paling heboh waktu truk pengangkut ayam-ayam lewat. Pasti ayam-ayam itu berpikir: ini manusia-manusia memang munafik ya, depan kita ja nyambut segitu antusiasnya, nanti juga kita dimakan...huh. Gak berapa lama (eh,tapi lumayan lama juga si)...jeng jeng...arak-arakan Pak Walkot pun dateng. Rame ? Yaiyalah. Jalanan langsung berubah jadi one way, dengan segala iring-iringan kesenian, organisasi-organsisasi apa gitu, partai-partai, lalu ya Pak Walkotnya lah...Pak M2 (Mochtar Mohamad) yang ganteng itu. Dengan sumringah Pak M2 mengangkat tinggi-tinggi piala Adipura itu. Wakilnya (gue lupa siapa namanya) juga tebar senyum sana sini walau agak maksa. Yah, mungkin udah capek ya...secara itu arak-arakan dari Pondok Gede dan sepanjang itu mereka berdua harus ebar senyum, melambai-lambai...apalagi Pak M2 ngangkat-ngangkat tuh piala...wah, begitu selesai pasti langsung diolesin parem kocok tuh tangannya. Dan tiba-tiba aja, gue yang dari awal udah masuk kerumunan Inne (perkenalkan...ini Mami Inne, kalo siang jadi siswi yang beralamat di XI IPA 6, kalo malem jadi Mami-Mami...ya tau kan...hahaha) dkk yang dengan gaya centil malah teriak ke arah iring-iringan yang isinya emang udah Om-Om semua...“ Colek dikit dong Om...pialanya”. Lalu, ada pula yang dengan semangat teriak “Turunkan harga diri !” Wow, radikal sekali. Selesai menyambut arak-arakan yang lewat gak lebih dari setengah jam saja....yang tersisa tinggal badan capek dan suara jadi abis. Kalo dipikir-pikir, kok kayak kurang kerjaan juga ya...mana gue jadi khwatir, tadi kan ada juga tuh stasiun TV mana tau yang ikut dalam arak-arakan menyorot kita-kita yang nyambut...lalu tertangkap di kamera ada gue, Mami Inne, Bibil, Linda, Nissa sedang teriak-teriak dengan centil dan noraknya ,”Colek dikit dong Om...pialanya...” (bahkan kita hampir ingin nulis nomor handphone di bendera-bendera yang kita pegang. Hahaha). Gue kahwatir, gimana kalo seandainya bonyok gue nonton...oh sungguh tak menyangka anaknya di luar adalah...hahaha. Anyway, gue ucapin selamat buat Kota Bekasi Tercinta atas prestasinya. Keren...pertahankan !

Episode 3 = = > Bad Day

I hate this day ! Ini gara-gara kondisi badan gue yang gak fit banget (baca : sakit). Dari kemaren sepulang nymabut arak-arakan itu, badan gue udah ga enak banget...gue langsung jatuh ketiduran, bangun-bangun menjelang magrib badan gue udah demam. Pusing banget gak ketulungan, mana mata gue yang masih sakit ko makin perih...keluar air mulu lagi udah kayak istri diselingkuhin suami (apasi?). Begitu bangun tidur...gue sempet kaget begitu ngaca muka gue kok bengkak-bengkak ? Pipi gue...terutama mata gue. Apa yang terjadi semalem ? Apa Om Richard nyiksa gue ? Hahaha (Om Richard siapa si !) Dengan gontai gue pergi ke sekolah. Asli gak belajar sama sekali tuh. Dan gak mandi pula (sst, ini rahasia ya). Tampang gue bener-bener kayak orang abis bangun tidur, dan terus-terusan gue nguap di kelas. Huh, mana 3 mata pelajaran lagi. Untungnya pelajaran yang gak sulit. Bahasa Inggris ? Cincai lai. TIK ? Hukum Contek Mencontek II : contek mencontek juga mengajarkan arti sebuh pertemanan baik dalam suka dan duka. 95 % jawaban gue berasal dari teman-teman. Ck. Lingkungan Hidup ? Lumayan ngerti lah, karena soalnya diambil dari LKS semua...tapi tetep aja ya gue benci hari itu. Selain badan gue lemes banget gak bisa bercanda-canda seperti sedia kala, penampilan gue juga gak banget (ya loe bayangin aja lah orang sakit yang matanya beler dan gak mandi pula). Thank God itu semua udah terlewati.

Dan sesaat sebelum pulang...eit, Pak Wi, tiba-tiba masuk ke tiap ruangan ujian menginformasikan 2 hal penting : Pertama, Bu Yetty, Kepsek gue tercinta, bakalan dimutasi ke SMA lain di Bekasi dan bakal digantiin sama Kepsek dari SMA lain (ohhh...). Jadi ntar hari Sabtu bakal ada upacara pelepasan beliau sepulang sekolah. Kedua, bakal ada razia handphone terkait lagi gencar-gencarnya beredar video mesum Lun* -Ari*l-Cut Tar* yang kontroversial itu. Katanya, bakal ada oknum dari Polsek yang bakal menggelar razia handphone di sekolah-sekolah termasuk sekolah gue. Pak Wi pun mengimbau agar sejak sekarang file-file di handphone yang sekiranya berbau pornografi segera dihapus, kalo nta masih kejaring razia oleh Polisi juga, sekolah gak bertanggung jawab lagi. Ngangguk-ngangguk tanda mengerti.

Episode 4 = = > Mukjizat Kah ?

Di hari keempat...uh, kapan selesainya sih...badan gue udah baikan hasil pengerokan Nyokap yang mantap abis mengusir angin dan bikin punggung gue udah kayak abis dicambuk. Konon, kerokan itu kan metode pengobatan orang Indonesia (bayangin kalo bule dikerokin) yang diadaptasi dari metode pengobatan Tiongkok. Bedanya, kalo yang Tiongkok itu pake batu giok...nah, karena orang Indonesia gak modal jadilah pake uang koin, tapi hasilnya justru lebih cepat dan efektif. Bahkan dulu penjajah Belanda aja sempet takut sama orang Indonesia yang abis kerkan karena kesannya tuh bangsa pribumi kejam banget. Loe percaya ? Sama gue juga nggak. Hehehe.

Di hari keempat ini yang jatuh hari Kamis, ada 2 mapel : Geografi dan Bahasa Jepang. Di Geografi...gue terkaget-kaget (lebaay) ngeliat tuh soal yang...gampang banget. Biasanya nih, Bu Susi, guru Geo sekaligus guru paling gaol di sekolah gue selalu ngasi soal ulangan yang susah susah banget...tapi mukjizat, osal UKK Geo kali ini gampang. Moga moga gak diremed deh. Setelah itu adalah Bahasa Jepang yang sama sekali gak bisa gue baca soalnya. Selain pake huruf hiragana semua, gue juga gak ngerti rumus-rumus penggunaannya. Semua yang gue pelajarin bener-bener buyar. Gak pernah gue se nge-blank ini ngadepin soal Bahasa Jepang...mungkin karena semalem gue lebih fokus ke Geografi yang terkenal sebagai Kimia-nya anak IPS itu. Tiba-tiba handphone gue getar-getar di saku baju, sebuah SMS masuk dari Eja (yang temen gue itu lho). Sial, niat gue untuk jujur jadi luntur kan...begitu liat isi SMS yang masuk jawaban dari 1 sampe 40. Ck ck ck..akhirnya gue mengambil jalan tengah. Kerjain dulu sebisa gue, sambil cocokin juga sama jawaban SMS itu. Gue ngerasa gak enak sampe sekarang beneran deh. Sdoalnya Senpai yang ngajar Bahasa Jepang itu baik banget, dan beliau selalu menekankan pentingnya untuk berusaha sendiri pas ujian. Ya oke deh, mungkin gue gak enak nya selama ini pas pelajaran Bahasa Jepang aja karena Senpai. Hmm, kalo seandainya gue remed, gue relaaa deh. Wajar banget dan itu pantes banget buat gue. By the way, gue udah dapet pengumuman...Agama gue diremed, nilai gue cuma 65 (sial, tinggal tambah 5 lagi tuh buat sampe standar KKM) dan remedial bakal diadain hari Senin minggu depan jam 9 pagi. Penjas ? Godness, gue gak remed ! Mukjizat lagi !

Episode 5 = = > Essay Oh Essay

Baru mulai hari aja udah pada panik : Ekonomi bakalan ada essay nya juga. Gue berusaha stay cool...positive thinking aja. Siapa tahu aja essay nya cuma ditanya : Apa makanan kesukaanmu ? Siapa yang sedang ada di pikiranmu ? (ini soal esssay atau formspring sih ?) Dan apa yang banyak orang-orang panikin terjadi juga. Essay emang SUSAH. Pas pilihan ganda sih gue masih oke oke aja walau agak senewen juga kenapa nyampe 50 soal untuk mapel yang tergolong sulit itu...dan essay pula ! Gue utak atik deh tuh essay nyari jawabannya gak kelar-kelar. Satu soal beranak pinak jadi tiga : bikin laporan laba rugi, laporan perubahan modal, dan bikin Neraca. Nah, pas bikin neraca nya ini...bikin botak deh. Setelah berpusing pusing ria...akhirnya gue temuin juga tuh jawabannya ! Temen-temen sekitar gue langsung deh mengkopas sana sini udah kayak baru nemu air di tengah gurun pasir. Lanjut ke Sejarah...asekk,gampang juga...soalnya dari LKS semua. Gue udah pernah bilang belom si kalo hari Jumat itu hari favorit gue ? Yeah, thank God it’s Friday (kesenangan yang lain di hari Jumat ini cukup gue simpen sendiri ya.hoho).

Episode 6 = = > Hari Terakhir...Yeah !

Hari ini gue awali dengan langkah ringan dan perasaan ceria...hari terakhir ya, bo ! Pelajaran untuk hari ini ada 2 : Pkn (Pendidikan Kewarganegaraan) dan Bahasa Indonesia. Mungkin karena terdorong pikiran positif, gue pun mengerjakan soal-soal dengan lumayan lancar sambil terus berkata dalam hati, ‘Ayo Sar...dikit lagi’. Selesai UKK (yeah, akhirnya selesai juga !) , sesuai yang diumumin hari Rabu kemaren, langsung deh apel pelepasan Bu Yetty. Sebelumnya, pas di kelas si Ramdan, temen sekelas gue, nagihin duit sukarela untuk patungan kelas IPS beli spanduk untuk penghormatan sama Bu Yetty. Tuh kan...anak IPS emang berjiwa sosial tinggi ! Dan di bawah teriknya matahari, kita semua siswa siswi sekolah gue, SMAN 6 Bekasi, berkumpul di lapangan basket untuk melepas Bu Yetty. Bu Yetty pun ngomong banyak, yang walau gak bisa gue denger karena rame banget dan gak teratur banget barisnya, tapi yang pasti mengharukan karena beliau itu merupakan Kepsek yang baik dan dicintai seluruh siswa siswinya. Gak ada deh Kepsek yang mau repot-repot mungutin sampah demi kebersihan, bawa-bawa sapu lidi segala...dan beliau itu low profile banget dengan jabatannya paling tinggi di sekolah beliau tetap sederhana. Dan...pas Bu Yetty lagi ngomong di depan, tiba-tiba ada tiga orang anak IPS (Ramdan, dua lagi gue lupa) tiba-tiba udah angkring di atas atap, dengan spanduk yang sempet salah bentang jadi terbalik bertuliskan ‘Thankyou, We Love Bu Yetty’. Yang langsung disambut tepuk tangan meriah, bikin Bu Yetty dan guru-guru lain juga makin terharu. Ya, terimakasih ya Bu Yetty. Good Bye.

Finally, selesai juga cerita gue tentang UKK yang melelahkan ini. Semoga nilai-nilai gue dan teman-teman gue gak mengecewakan dan naik kelas. Amiiin = ).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar