Rabu, 30 Juni 2010

Main Rahasia (Lagi) Dengan Bawang Putih


Lag-lagi kita main seni rahasia ya (gak tahu kenapa, kok gue jadi tertarik ya sama sandi-sandi rahasia gini ?). Sebenernya teknik rahasia satu ini bukan termasuk Kriptografi sih...ya mendekatilah. Karena teknik ini lebih sifatnya ‘menemukan’, bukan ‘menterjemahkan’, makanya teknik ini gak termasuk Kriptografi. Gue tahu teknik ini udah lama banget, tahu nya dari sebuah artikel majalah anak-anak yang udah lamaaa banget, sekitar tahun 80-an, itu majalah udah gak terbit lagi malah. Jadi waktu gue kecil, Nyokap suka beliin gue majalah bekas yang udah dibundel-bundel jadi tebel banget gitu. Selain harganya lebih murah, majalah anak-anak jaman dulu (ya sejaman sama waktu Nyokap gue kecil lah) itu lebih bagus isinya dibanding majalah anak-anak yang terbit waktu gue kecil (menurut gue lhoo). Saking bagus tuh isinya majalah-majalah bekas, gue sampe sekarang masih inget artikel dan tulisan-tulisan apa aja yang pernah gue baca (ya gak semuanya sih...gila apa lo) walau majalah itu sekarang juga udah gak ada lagi di tangan gue alias udah pada ilang-ilangan.

Nah, di sebuah artikelnya nulis cerita gini :

Ada seorang saudagar kaya yang mempunyai sepuluh orang anak. Ia sudah sangat tua renta, jadi ia mulai merasa kematiannya semakin dekat sehingga ia memanggil semua anak-anaknya untuk berkumpul. Masing-masing anak diberikan sebuah surat wasiat dengan syarat : baru boleh dibaca setelah ia meninggal. Tak lama kemudian, Saudagar itu meninggal. Kesepuluh anaknya pun segera membuka surat wasiat dari Ayah mereka. Dugaan mereka, srat wasiat itu menerangkan harta warisan bagian mereka masing-masing. Tapi alangkah herannya mereka, begitu mereka buka...kertas itu kosong. Hanya selembar kertas putih. Dibolak-balik juga gak ada apa-apa. Sembilan orang anak sungguh kecewa, ada yang membuang kertas itu begitu saja, ada juga yang merobeknya. Namun berbeda dengan si Bungsu, dia membolak-balik kertas tersebut, lalu menciuminya. Dengan sedikit teknik, dia pun berhasil menemukan bahwa kertas itu adalah peta harta warisan Ayahnya. Akhirnya si Bungsu lah yang mendapatkan harta warisan itu.

Mau tau gimana teknik nya, Adek-adek ? <= = guru TK gagal.

Jadi gini, ketika si Bungsu mencium kertas surat wasiat itu, tercium ada bau bawang putih, tapi samar-samar. Si Bungsu pun ingat, Ayahnya pernah mengajarkannya tentang teknik ini. Untuk menjaga kerahasiaan, bisa ditulis informasi rahasia itu dengan bawang putih. Iya, kupas dulu tuh bawang putih, ambil aja satu siung..nah, tulis deh dengan ujung siung bawang putih itu. Untuk, bisa membacanya lagi, kertas harus digarang di atas lilin. Digarang tuh maksudnya dideketin di atas lilin, tapi jangan sampe kebakar (bisa batal jadi OKB kalo mape kebakar nih). Cara lainnya, gue agak lupa-lupa inget sih, kalo gak salah bisa dicelupin juga ke air sabun (lha, kertasnya ancur dong ?). Yah, cara amannya pake yang pertama aja deh...digarang di atas lilin. Pasti bakal terbaca deh.

Okay ? Selamat Mencoba ! (padahal gue nyobain juga belom yak =P)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar