Rabu, 23 Juni 2010

“Ih, Lucu Bangeeet...!”


Faktanya, ada banyak banget berbagai emosi yang bisa diungkapkan dari sebuah kata ‘lucu’. Bisa karena lucu itu sendiri, bisa perasaan sinis, bisa kekaguman, macem-macem deh. Kalo kita bilang sesuatu itu lucu karena bisa bikin kita ketawa ngakak, ya okelah...emang itu tujuannya diiciptakan kata ‘lucu’. Dan rata-rata, hampir semua orang, menyenangi hal-hal lucu ini. Maklumlah, di tengah kehidupan yang makin sulit ini,dimana sembako naik, harga susu naik (kok gue jadi curhat?) orang-orang selalu butuh hiburan untuk menjadikan hidupnya berwarna (dan lebih bahagia pastinya). Dengan ngeliat hal-hal lucu, kita pasti bakal spontan bilang,”Ih lucu banget ya dia...ngelawak mulu...” Bahkan ya, sekarang banyak orang-orang berusaha untuk jadi clown wannabe. Dari yang tujuannya emang tulus cuma mau bikin orang ketawa, sampe yang tujuannya komersil. Yak, ternyata ‘lucu’ itu meang udah melekat banget ya di hidup kita.

Selain itu, sering banget kan kita denger kalo cewek-cewek itu mengomentari seseorang atau sesuatu dengan kata-kata, “Ih, lucu bangeeet...!”. Liat jam tangan keren, dibilang lucu. Liat sepatu bagus, dibilang lucu. Liat boneka lucu, apalagi udah pasti bilang lucu. Waktu pertama kali gue tahu kalo suara ‘ngiung-ngiung’ yang jadi trademark Piala Dunia, spontan gue bilang, “Lucu ya...”. Trus, Bokap gue, yang lagi asik nonton bola bilang gini, “Lucu darimana nya sih ?”. Eh, iya juga ya, lucu darimana nya sih ? Emang Vuvuzela tuh bisa bikin orang yang denger atau liat ngakak gitu ? Well, kalo loe bukan cewek, gue kasih tau ya...inilah bahasa cewek. Sebenernya sih lebih untuk menyatakan kekagumannya, atau rasa takjub akan sesuatu. Secara logika (ini pola pikir cowok-cowok banget nih), lucu itu adalah sebutan untuk sesuatu yang bikin ketawa. Sedangkan secara perasaan (pola pikirnya cewek-cewek ), lucu itu adalah sebuah ekspresi dari segala hal yang bisa bikin kita tersenyum. Gak perlu sampe ketawa, cukup tersenyum aja bagi cewek-cewek itu udah lucu. Makanya bagi yang merasa ganteng, harus lapang dada ya karena predikat ganteng itu lama-lama akan segera punah. Nantinya, semua cewek bakal bilang kalo cowok ganteng itu LUCU ! Hahaha.

Ada lagi nih ekspresi lucu yang ditujukan untuk...hal yang sama sekali gak lucu. Maksudnya menyindir gitu, kalo bahasa ilmiah nya, ini termasuk majas litotes kalo gak salah. Misalkan, ada orang yang ngeluarin joke-joke di tengah percakapan, tapi joke-joke nya itu sama sekali gak lucu. Biasanya bakal ada yang bilang, “Ih, lucu bangeeet ya...ketawa gak ya ?”. Nah, keliatan beda banget kan rasa bahasanya. Tapi biasanya sih, kata-kata sindiran ini bakal ditanggepin becanda juga sama orang yang disindir dan justru bisa jadi ketawa, ya minimal jadi senyum deh. Ngomongin soal nyindir, ada juga yang menyindir tingkah polah para petinggi negeri ini yang kelihatannya tuh ‘lucu’. Contoh ya, loe semua udah tau dong betapa hebohnya kasus video mesum Ariel-Luna-Cut Tari itu. Sampai-sampai lucunya (nyindir nih) para pejabat di DPR merasa perlu untuk membahasnya dalam sebuah forum penting. Hellooo...ini kan cuma kasus kecil yang okelah, mungkin dianggap merusak moral bangsa, tapi kan’ banyak kasus-kasus di negeri ini yang lebih besar dan lebih penting daripada kasus ini. Gimana dengan kemiskinan ?kelaparan ?angka pengangguran yang semakin tinggi ? Dan lebih lucu lagi, bangsa Indonesia tuh kok sensi banget ya sama kasus kayak gini aja. Kalo kejelekan orang pada seneng banget deh nontonin rame-rame ketimbang hal yang baik-baik dan sifatnya prestasi. Yakin deh, pasti rating Thomas dan Uber Cup yang Indonesia ikut berpatisipasi di dalamnya pasti masih kalah dibanding rating pemberitaan kasus video itu. Makanya mungkin itu pula yang mengilhami sineas Deddy Mizwar membuat film berjudul Alangkah Lucunya (Negeri Ini).

Anyway, terlepas dari pergeseran makna kata ‘lucu’ yang udah meluas banget, gue rasa kita patut bangga karena kreativitas Bahasa Indonesia justru jadi makin kaya. Hidup, Bahasa Indonesia ! Hidup Lucu ! (lho?hahaha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar