Senin, 21 Juni 2010

Unforgetable Study Tour :)

Mungkin ini cerita yang gue juga nulisnya mau gak mau, tapi sebenernya mau (apa si?). Dan cerita ini yang pastinya unforgettable banget buat semua anak kelas XI IPS di sekolah gue. Ya, tidak lain adalah cerita-cerita waktu kita study touuuurr !!!

Dimulai dari pertama keberangkatan kita yang agak sedikit ‘nyeleneh’. Terutama untuk gue dan temen-temen deket gue. Sempet-sempetnya sebelum berangkat kita semua nontonin anjing kawin di sekitar perumahan tempat sekolah gue berada. Ya, anjing kawin ! Dengan gaya yang begitu populer dalam dunia tanda kutip...doggy style. Huekss, malah temen-temen gue pada nyorakin segala, tuh anjing juga segala difoto foto...ck,ck,ck...maklumlah, norak...batu kali ini menyaksikan secara live kali ya . Hahaha.

Akhirnya, setelah nunggu agak lama (janjian tadinya jam setengah 6...tapi kita kan orang Indonesia ya..hehe), akhirnya sekita jam 7an bus jalan juga. Sebelumnya, sempat ada briefing dan doa bareng guru-guru dulu. Ada 4 bus yang membawa anak-anak IPS ke Desa Parakan Salak, Sukabumi. Bus-busnya imut-imut semua, ampe miring dan sesak ngebawa anak-anak IPS yang amit-amit rusuhnya. Hehehe. Perjalanannya ? Wah, jangan ditanya. Membawa anak-anak IPS sama aja kayak ngebawa calon bupati lagi kampanye. Teteeuup heboh. Dari mulai nyanyi-nyanyi, ngobrol ga abis-abis (iya dong, kita kan berjiwa sosial banget !), sampe ngegodain cewek lagi jalan, tukang makanan, tukang ojek..untung pas masuk jalan tol gak begitu juga (yaiyalah yaa). Dan asli ya, Sukabumi kok jauh bangeeet. Seakan gak nyampe-nyampe deh. Ternyata Jawa Barat tuh luas banget ya, seluas-luasnya Bekasi...masih lebih luas Jawa Barat (yaiyalah dodol). Begitu udaah di perbatasan aja udah kerasa hawa Sukabumi nya, pas udah di daerah sekitar Lido, gerimis turun dengan aduhai, bikin perjalanan jadi makin lama aja rasanya. Tercatat, 3 orang temen sekelas gue mabok : Monna, Bambang a.k.a Tholet, dan Yuliana. Plastiiikk !

# 1st Destination : Pabrik Kratingdaeng. Seruuu.

Tujuan pertama study tour kita adalah pabrik Kratingdaeng. Disini kita bakal mempelajari tentang ekonomi industri besar. Oiya, jauh hari sebelum study tour, udah dibagiin angket yang wajib diisi selama study tour. Ada dua angket, angket Ekonomi dan Sosiologi. Angket Ekonomi untuk penelitian di pabrik Kratingdaeng ini, angket Sosiologi untuk meneliti masyarakat Desa Parakan Salak. Begitu sampe di pabrik Kratingdaeng, langsung deh pada pipis berjamaah, termasuk gue. Udah ga nahaaan bo. Tadinya pengen acara presentasi dulu, baru tour keliling pabrik. Tapi karena satu sekolah lain lagi juga belum dateng untuk presentasi, jadi lah kita disuruh ikut tour dulu. Sebelum tour dibagiin dulu topi sebagai tanda loe itu peserta tour, bukan orang nyasar. Tour nya lumayan asik, dengan dipandu seorang guide dari Kratingdaeng yang friendly banget (sorry,beliau udah bokap-bokap ye), kita jadi tahu kalo untuk menghasilkan Kratingdaeng memang benar-benar melalui proses yang steril dan teliti. Pertama, air murni dari mata air Gunung Salak didemineralisasi untuk menghilangkan mineral-mineral negatif di dalamnya (iya, gue lupa sebenernya mineral apa aja. Ingat, saya bukan anak IPA.hehe). Setelah dari tempat sterilisasi air, kita digiring ke gudang penyimpanan gula dan vitamin-vitamin. Gula yang digunakan Kratingdaeng, ditegaskan, adalah gula pasir asli, murni, tanpa aspartam yah. Kalo vitamin-vitaminnya masih impor hayah dari Cina (jah, ini gue udah kayak enci-enci). Tempat berikutnya, adalah pengemasan. Disini kita musti pake hair net dan masker biar steril, ril, riillll. Wah, berasa kayak anak IPA nih, atau kayak buruh pabrik nya ? Ya, whatever lah, yang penting kita kelilingin juga tuh tempat pengemasannya. Dari mulai dimana air Kratingdaeng nya dimasukin ke botolnya, botolnya ditutup, sampe botolnya dipack dalam bentuk platik. Semuanya dilakukan otomatis, cepat, dan steril. Per hari nya, pabrik bisa menghasilkan 1 juta botol. Oh ya, gue juga ngeliat tuh di bagian pengecekan botol, ada karyawan yang kerja nya ngeliatin ratusan botol-botol yang berjalan otomatis. Maksudnya untuk ngecek ada cacat atau nggak gitu. Gile, apa gak capek ya ngeliatin botol mulu ? Katanya si, tiap satu setengah jam mereka istirahat untuk mengistirahatkan mata. Wew, kayaknya ini adalah pekerjaan paling membosankan deh. Hehehe. Terakhir, kita diajak untuk ngeliat proses sterilisasi limbah di IPAL (Instalasi Pengolahan Air Limbah). Setelah air limbah disterilkan, diuji coba dulu sama ikan mas. Kata guide nya, ikannya jadi kuat-kuat karena minum air dari limbah minuman berenergi Kratingdaeng (ini becanda doang atau enggak sih ?). Dan dasar temen-temen cowok gue, mereka pada ketawa-tawa liat slogan Kratingdaeng yang ditempel gede-gede : Membangkitkan Stamina Yang Loyo (kenapa coba mesti ketawa?ckck).

Setelah tour, kita ke aula Kratingdaeng lagi. Waktunya makaaan siang, tapi dengan syarat dituker dulu sama topiuntuk ngikutin presentasi. Disini nih pada sibuk foto-foto...slide presentasi nya. Penting banget buat ngisi angket. Trus ada sesi tanya jawab juga. Presentasinya sendiri dipimpin oleh Wakil Manager nya, lupa gue namanya siapa. Selesai presentasi, sekitar jam 3 an, diserahkan dulu piagam kenang-kenangan dari Kratingdaeng. Oh ya, tiap anak juga dikasih sertifikat lhoo. Lumayan buat keren kerenan.

#2nd Destination : Go To Villaaaaa....Terkutuk.

Ini villa letaknya entah ada di antah-berantah mana...dan begitu nyampe aja rasanya udah bikin kita semua....oh nooo. Setelah melewati berbagai kebun teh, naik turun, jalan berbatu pula, masuk pelosok yang ndeso banget...sampailah juga kita di villa 99 (eh, loe ngerasa janggal gak sih sama namanya ?). Dan jujur ya, bagi semua peserta study tour, baru ngeliat villa ini aja rasanya kok kecewa ya...bayar mahal tapi villa nya begitu aja...Jadi ada 6 kamar gede yang siap ditempatin. 3 kamar untuk cewek, 3 kamar untuk cowok. Tidurnya dikelompokkan berdasarkan 1 kelas. Cewek-cewek IPS1 tidur di kamar yang deket teras yang ada TV nya. Cewek-cewek IPS 2 tidur di kamar deket tangga, cewek-cewek IPS 3 (termasuk gue) tidur di kamar, umm, sebenernya itu ruang TV pemilik villa nya sih, deket kamar guru-guru cewek. Yang cowok ? Bah, mereka sih campur-campur, tidur dimana juga jadi...oh iya, yang kasian cowok-cowok IPS 3, nasib mereka tidur di teraas gede yang ada TV nya itu...nah lho, siap siap deh serangan udara dingin + nyamuk-nyamuk, belum lagi serangan yang lain-lainnya (apaaan tuh...). Semua masih berjalan normal...anak-anak pada bebas ngapain aja, mandi, ngemil, ngobrol, main-main ke sawah dan sungai yang jaraknya deket sama villa, sampe malemnya juga masih normal-normal aja. Pada nonton FIFA, makan malem, maen gitar, gue sama temen-temen gue seperti Eci, Bibil, Linda, Lucky, Aldi, Gerson, Maski pada gegilaan main Jujur Tantangan. Jadi ada botol Kratingdaeng diputer di atas meja, nah, berhentinya mengarah ke siapa, dia harus milih Jujur atau Tantangan. Kalo Jujur dikasih pertanyaan-pertanyaan (yang pastinya aneh-aneh) dan harus dijawab sejujur-jujur nya, kalo Tantangan bakalan dikasih tantangan yang pastinya lebih aneh-aneh lagi dan harus dilakukan. Yang gue inget, pas dapet giliran gue salah satunya pas gue milih Jujur, gue ditanya nomor bra gue (!!!) dan pas milih Tantangan gue harus nyolek dagu nya Meke, ngegodain gitu...(ouch !). Malemnya sebelum tidur ada briefing dari Pak RT disitu. Katanya, kita semua harus jaga sikap selama disana, jaga ucapan, tidur jangan terlalu larut, diusahain jam 10 juga udah tidur. Oh okelah...gue yakin semua anak juga ngerti dengan peraturan yang satu ini : jaga sikap kalo di tempat yang asing. Kan banyak tuh mahluk-mahluk dari dunia lain yang mungkin bisa terganggu sama aktivitas kita. Mau gak mau, kita mesti percaya kalo yang ghaib-ghaib itu emang benar adanya (aih...rentangkan tangan anda ke kamera ya kalo udah gak kuat !). Trus, ada temen gue, secara pribadi gue gak kenal, namanya Anggun, anak IPS 1, eh...malah dia nanya yang mistis-mistis ama Pak RT nya. Dan ceritalah Pak RT ke kita semua tentang peristiwa mistis apa saja yang pernah terjadi. Haduh, bikin takut aja ahh. Gak lama setelah briefing, kita semua pun tidur. Dan baru aja gue pengen nutup mata, tiba-tiba.....semua heboh, semua pada keluar kamar berebutan pengen liat, ada suara teriak-teriak di luar sana, ohh...ada yang kesurupan tooh....HAH ?! KESURUPAN ?! Sontak, gue pun ikutan heboh. Rupanya si Anggun, yang nanya mistis-mistis tadi itu lho, kesurupan setan apan tau...nah, makanya jangan nanya yang aneh-aneh tadi....Semua guru langsung pada nenangin anak-anak. Cewek-cewek di kamar gue pada gak boleh keluar ngeliat, yaudah deh kita semua cuma bisa penasaran aja. Gak lama, cewek-cewek kelas lain berdatangan. Cewek-cewek IPS 1, IPS 2...entah kenapa semua pada ngungsi ke kamar cewek-cewek IPS 3. Mungkin karena deket kamar guru kali ya...alhasil, udah kayak pepes lah kita semua di ruangan itu. Satu kesurupan, yang lain ada beberapa yang nangis ketakutan, badan kerasa berat...semuanya pada tersugesti gara-gara kejadian Anggun tadi. Suasananya semakin sumpek aja. Gue pun berusaha tenang, walau dalem hati takut abis. Takutnya tuh setan ke ngerasukin gue juga...hiiyy. Amit amit cabang beibeh deh.

Akhirnya, malem itu gue tidur bener-bener gak nyenyak. Ada beberapa alesan kenapa gue tidur gak nyenyak :

Pertama, ada beberapa anak-anak cowok IPS 1,2 dan 3 yang pada nongkrong depan kamar gue. Maksudnya mereka pada ngejagain gitu. Tapi ya...kalo ngejagainnya pake gitar, pake nyanyi-nyanyi, itu mah sama aja ngeganggu ya...mana dikit-dikit buka pintu kamar buat mastiin kita baik-baik aja...okeh, kita baik-baik aja, can you close the door, pleaseee???
Kedua, ini kok anak-anak cewek nya juga pada belom tiduuur...masih pada ngobrol, ngalihin rasa ketakutan...padahal Anggun nya juga udah sadar dari tadi,ckck. Ada temen gue, Shilla namanya, gak bisa tidur karena masih shock, trus ada juga Ayu anak IPS 2 kalo ga salah, yang badannya lemes, hampir kerasukan kayaknya gue ga gitu ngerti juga. Yaa, suasana yang sungguh gak mendukung untuk tidur nyenyak. Gue bolak-balik dengerin MP3, smsan, pengen OL ga ada sinyal...tidur gue pun jadi gak karuan. Tadinya di sebelah Emmi, eh...entah kenapa jadi tertidur duduk di sofa, trus nancep di sebelahnya Dean di sofa satunya lagi...sungguh itu malam yang sangaaat panjang. Kayak gak pagi pagi beneran deh. Tiap gue bangun, liat jam...masih jam 12, jam setengah 1, jam setengah 3...lamaaa banget. Kayak lagi ada di suatu tempat dimana waktu tuh serasa gak jalan. Pas sekitar jam 4, gue dan Mutiara anak IPS 2 ke toilet. Ga tahan pengen pipis. Agak takut juga sih, tapi yaelah, udah pagi ini...pas jalan ke kamar mandi gue liat si Bimo (tau kan tokoh kita yang satu ini ?) lagi terbengong-bengong ngumpulin nyawa. Asli tampangnya gay banget kayak gitu. Gue juga liat anak cowok semuanya tidur tumpek blek di teras deket kamar cewek-cewek IPS 1. Ternyata mereka lebih pepes dari gue dan cewek-cewek lainnya. Sampe akhirnya, seorang cowok anak kelas sebelah, Dion namanya, ngetok-ngetok kamar gue...waktu itu gue udah tidur bareng Dean, ngasih tahu kalo udah Subuh, dari kejauhan juga terdengar adzan Subuh. Alhamdulillaaah..

Tanpa buang waktu, gue solat aja deh. Udah ga minat tidur lagi...tapi beneran deh, solat juga agak merinding lho. Abis, mushala nya mojok gitu,mana sepi banget, penduduk nya juga ga ada yang sholat disitu, padahal itu mushala umum lho. Tambahan, tuh mushala deket tangga yang curam dinaungi pohon-pohon. Yak, perfect banget bikin loe merinding. Untungnya banyak juga anak cowok dan cewek yang sholat Subuh. Selesai sholat, gue denger teriakan-teriakan heboh gitu dari luar...absurd, ada beberapa anak cowok berenang ! IYA, BERENANG ! Di udara sedingin ini, subuh-subuh lagi...mereka berenang ! Dan dari komuk-komuk nya kayaknya ini nih yang pada begadang depan kamar gue...buset, apa itu karena efek minum Kratingdaeng yang dibagiin gratis kemaren ?

Berikutnya, gue tiba-tiba aja pengen mandi. Udah ga nahan nih gatel banget rambut gue gara-gara ga mandi kemaren sore. Setelah siap denga handuk + peralatan mandi di tangan, gue pun siap berangkat mandi. Nah, di tangga gue ketemu sama Sarah Audry, temen gue anak IPS 1 yang lagi negringin rambut pake anduk keliatan abis mandi basah gitu (mandi ya emang basah laah ya). Sepik gue nanya, “Sar, air nya dingin banget ya ?” Sarah, dengan tampang always wise nya bilang ,”Segeeer”. Denger jawaban dia, gue jadi makin semangat mandi. Pengen banget keramasin rambut yang udah lepek banget. Berangkatlah gue ke kamar mandi yang letaknya deket kolam renang. Maksud gue, itu deretan kamar mandi. Sekitar ada enam atau tujuh kamar mandi gitu. Sengaja gue ke kamar mandi paling pojok yang jaraknya menjauh dari kolam renang. Bukan apa-apa, soalnya yang jaraknya deket kolam renang itu sekaligus dekat koridor menuju kamar cowok-cowok. Ada isu kalo mandi disitu bisa keliatan atau diintipin karena kisi-kisi nya rendah banget. Jadilah gue mandi kamar mandi paling pojok. Yang gue inget, kamar mandi sebelah gue kosong, trus sebelahnya lagi ada anak cvowok IPS 1 gue lupa namanya yang lagi nyuci-nyuci apa gitu. Gue mandi dengan semangat, biar gak kerasa gitu dinginnya air Sukabumi. Jebar jebur, brr...segeerr beneerr. Pas lagi asik-asik mandi, tiba-tiba gue denger sebuah suara manggil gue, “Saraaah” Dari suaranya gue tahu tuh itu suaranya Sarah Audri. Spontan gue menyahut, “Apa Sar ?”. Gak ada jawaban. Oke, gue pikir si Sarah Audri berubah pikiran mau nungguin gue mandi. Yasudahlah gue lanjut mandi. Sama sekali gak ada pikiran lain di kepala gue. Selesai mandi, dengan nyantai gue keluar kamar mandi sambil tangan gue sibuk ngeringin rambut. Gue kira gue bakalan liat Sarah Audri di luar kamar mandi tapi ternyata...gak ada. Nah lhooo. Gue mencoba tenang, nanati gue tanya deh ke dia, pikir gue waktu itu. Tapi setelah naik tangga menuju kamar gue, gue liat Audri lagi asik becanda sama TTM-an nya si Giyan. Wah, langsung saat itu gue nyadar : gak mungkin Audri balik lagi mau nungguin gue...trus siapa yang tadi manggil gue ?!?! Bener deh, suaranya mirip banget suara Audri. Kalau pun bukan Audri, kok bisa tahu di dalem kamar mandi itu gue yang mandi ? Waduh...tapi kejadian itu gue bawa tenang aja. Ya kayak gak terjadi apa-apa lah. Takutnya kalo gue lebay gimana gitu cerita-cerita malah tersugesti yang macem-macem. Selama masih di villa itu, gue gak cerita tentang kejadian aneh yang gue alamin. Pas jalan pulang di bus gue baru cerita deh sama temen-temen gue.

Paginya, semua anak malah pada sibuk cerita serem yang terjadi semalem. Ada yang tangannya digandeng entah siapa, ada yang lihat tuyul (catatan, semelm juga banyak terjadi kasus kehilangan uang...hmmm).Dan lagi-lagi ada hal gak enak. Ada cowok, anak IPS 1, biasa dipanggil Ncek (gue juga gak tau nama asli nya siapa, dia pacarnya Ayu anak IPS 2...baca ulang ke atas deh), menggigil hebat. Gak tahu kenapa, kayaknya sih emang dia ada penyakit gitu. Mukanya sampai pucat, bibirnya gemetaran, badannya diselimutin berlapis-lapis tetap aja kedinginan. Padahal pagi itu cerah, udara nya gak dingin-dingin amat karena ada matahari. Dia dibaringin di teras gede yang ada TV nya itu. Anak-anak semua pada ngeliatin. Bnayak spekulasi dia diserang mahluk halus. Walah, lebay amat...kalo menurut gue sih gara-gara dia gak tidur semaleman. Dan guru-guru pun bertindak. Terutama Bu Jorsky (kalo yang belum tahu Bu Jorsky siapa, cek lagi posting gue yang judulnya ‘The Power Of Kepepet’). Dengan gaya preman nya, beliau maks Ncek untuk makan bubur. Walau bibirnya gemetaran, gak bisa ngunyah, dan mukanya udah merah banget...hajar bleh ! Bu Jorsky tetep keukeuh maksain tuh bubur masuk ke mulut Ncek. Yang lain, termasuk gue, ngeliatnya jadi gak tega. Gue jadi bayangin, seandainya Bu Jorsky jadi perawat dan bukan jadi guru, pasti semua pasien nya maksain pengen sehat aja daripada dirawat sama beliau. Dan setelah perjuangan nyuapin bubur dengan susah payah, bubur itu akhirnya habis juga. Ncek ? Dia malah jadi tidur...lalu Bu Jorsky pun mengakhiri aksinya dengan statement, “ Nah, dia itu menggigil karena perutnya belum keisi, gak tidur semalaman pula, sekarang dia udah tidur, nanti pas bangun badannya udah enak” kata Bu Jorsky dengan logat Batak yang kental. Dan bener aja, pas bangun-bangun Ncek udah sehat lagi seperti sedia kala. Bu Jorsky emang mantabh !

#3rd Destination : Riset Ke Rumah Penduduk

Setelah sarapan, semua anak pun disuruh melakukan penelitian sosial ke rumah-rumah penduduk. Wawancara gitu deh. Yang ditanyain ke penduduk ya seputar masalah kemasyarakatan Desa Parakan Salak seperti sistem mata pencahariannya, kebudayaannya apa aja, adat istiadat nya gimana, de el el. Oh ya, di desa ini juga banyak home industry yang memproduksi bola sepak, tapi tetep, sebagian besar penduduknya adalah petani. Gue dan kelompok gue pun berjalan ke rumah-rumah buat nanya-nanya. Udah kayak petugas sensus deh kita. Jalannya batu-batu, bikin kaki pegal-pegal rasanya. Kalo gue sih menyimpulkan, desa ini tuh gak primitif ah. Masih bisa kok ditemuin perkampungan-perkampungan seperti ini di Bekasi. Mungkin karena letaknya aja yang terpencil banget, bikin desa ini keliatan primitf. Tapi kalo dibandingkan dengan penelitian sosial kakak-kakak kelas gue tahun kemaren...masih jauh deh. Tahun kemaren tuh penelitiannya ke Baduy, yang medan nya emang berat, listrik belum masuk, dan penduduk nya masih pake baju adat. Tapi yaa it’s okay lah. Bagi gue, segini aja udah kerasa capek apalagi kalo tujuan penelitiannya sama kayak tahun lalu ? Wawancara ke penduduk berjalan lancar, sehingga sekitar satu jam lebih kemudian kita udah balik lagi ke villa. Selesai wawancara, kita pun mulai berkemas-kemas buat pulang. Sayang banget, padahal rencana awal kita bakal ke danau dan hutan lindung di daerah Parakan Salak. Tapi mungkin melihat kondisi anak-anak yang ‘aneh-aneh’ acara kesana pun dibatalkan dan akhirnya setelah makan siang nanti kita langsung pulang. Yaaahh.

Setelah berkemas dan makan siang, semua pun bersiap untuk pulang. Banyak yang udah stay duluan di bus, termasuk gue dan anak-anak kelas gue. Sambil nunggu guru-guru selesai makan, kita ngobrol ngalor ngidul aja di bus. Kurang lebih setengah jam, spoir dan guru-guru pun siap. Tapi....lagi-lagi ada hal gak enak terjadi. Temen sekelas gue, si Difa, atau yang biasa dipanggil Bonge...kesurupan. Sebenernya bukan kesurupan sih, awalnya dia lemes banget gitu, kayak ada yang ‘ngeberatin’ badannya lah istilahnya. Makin-makin gak enak karena bus kelas gue pas distater ternyata ban nya slip. Haduuuhh. Bonge pun diungsiin bentar ke rumah penduduk dan ‘dibaca-bacain’ gitu lah. Seluruh anak IPS 3 keluar dari bus, lalu semua anak cowok pada bahu membahu mendorong bus, termasuk cowok-cowok dari kelas lain. Wah, mereka kompak banget deh. Yang cewek-cewek juga pada bersorak ngasih semangat. Akhirnya, Bonge pun sadar juga dan bus nya bisa naik juga setelah ditarik juga sama bus anak IPS 2. Sungguh melelahkan. Dan akhirnya, kita semua pergi juga meninggalkan villa terkutuk itu. Huahh.

Sepanjang perjalanan, banyak gue habiskan dengan tidur...capek banget, bo ! Seperti perginya, jalan pulang pun kerasa lamaaa banget. Hoahm, study tour ini, walau gak menyenangkan banget-banget...tapi sangat gak terlupakan banget deh. Jadi berasa banget kebersamaannya dan seluruh anak IPS jadi kompak banget. Susah senang sama-sama. Ini juga jadi ajang perpisahan tiap kelas yang pastinya kelas-kelasnya bakalan gak sama lagi pas udah kelas 3. Bye...teman-teman....ini adalah salah satu kenangan yang wajib kita simpan selalu dalam hati. Salut juga buat guru-guru yang udah berusaha nyelenggarain acara study tour ini dengan sebaik-baiknya. Juga anak-anak IPS yang selalu ceria setiap saat dan survive banget dalam situasi apapun. Bravo IPS !!! =)

1 komentar: