Selasa, 04 Mei 2010

7 Tipe Kecerdasan : Loe Yang Mana ?


Yak, coba liat diri loe baik-baik (di cermin ya, bukan di genangan air got =P), coba pandangi wajah loe yang imut amit itu. Apakah ada tampang seorang anak cerdas di sana ? Kalau iya, syukur deh, loe bisa kepilih jadi iklan bimbel favorit. Kalo enggak ? Jangan kecil hati, Boy ! Karena sesungguhnya kecerdasan bukanlah diukur dari tampang (siapa juga yang bilang gitu ? dasar penulis ngada-ngada). Bukan juga dari UN yang katanya lebih nyeremin dari film Hantu Jamu Gendong itu. Coba cek lagi wajah loe yang masih imut amit itu. Lihatlah lebih dekat...lihatlah apa yang ada di baliknya...terutama yang ada di dalam tempurung kepala alias otak loe. Memiliki kecerdasan apakah anda ?

1. Kecerdasan Linguistik.
Kecerdasan ini adalah kecerdasan dalam mengolah kata. Yak, kayak model-model JK. Rowling, Stepheni Meyer, Sir Arthur Conan Doyle, Shakespeare, Kahlil Gibran atau kayak model Raditya Dika dan Dee (eh, mereka tuh sebenernya model apa penulis, sih?hehehe)

2. Kecerdasan Logis-Matematis
Ini merupakan kecerdasan yang berisi penalaran, mengurutkan, berpikir dalam pola sebab akibat. Contohnya seperti Engkong Albert Einstein, Isaac Newton, Phytagoras...biasanya nih, kalo loe punya kecerdasan kayak gini, langsung deh dicap ‘anak pinter’ di sekolah, padahal masih banyak kategori kepintaran/kecerdasan lainnya =P.

3. Kecerdasan Spasial
Tipe kecerdasan ini dimiliki sama mereka yang punya kepekaan yang tajam terhadap detail visual, dapat menggambarkan sesuatu dengan begitu hidup, melukis atau membuat sketsa ide secara jelas. Contohnya ya kayak Leonardo Da Vinci, Pablo Picasso, kalo di dalam negeri ya kayak Affandi gituu.

4. Kecerdasan Musikal
Kalo loe suka ngeband, main musik apa aja, atau juga suka nyanyi, bisa dibilang ini tipe loe banget (pacar kali ah). Nah, tipe ini dimiliki juga oleh Bethoven, Mozart, Erwin Gutawa, Adie MS, Ahmad Dhani (err...), sampe band-band termasuk band loe.

5. Kecerdasan Kinestetik-Jasmani
Kerupakan kecerdasan fisik. Loe yang suka banget kegiatan fisik semisal basket, futsal, lari, bulutangkis, renang, de el el berarti punya kecerdasan ini. Yaah kayak Taufik Hidayat, Beckham, CR9, de el el.

6. Kecerdasan Antar Pribadi
Kecerdasan jenis ini adalah kalo loe punya kemampuan untuk memahami dan berkerjasama dengan orang lain. Contohnya ya, kayak pemimpin berusahat, dirut, de el el.

7. Kecerdasan Intra Pribadi
Kata lainnya adalah kecerdasan dalam diri sendiri. Mereka sangat mandiri, fokus pada tujuan, dan disiplin. Mereka gemar bekerja sendiri, daripada bekerja dengan orang lain. Biasanya ini dimiliki sama wiraswasta, pengusaha, konselor, de el el.

Udah nemuin kecerdasan loe ?:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar