Kamis, 06 Mei 2010

Math Is Fun !



Tokoh kita kali ini : Ibu Suwarni, Guru Matematika yang biasa dipanggil Bu Warni. Dan...beliau adalah guru favorit gue banget (!). She’s smart, beautiful, dilligent,religious, a very kind and warm person, duh, almost perfect deh. Kalo kata kakak kelas gue, doi bersyukur banget bisa masuk kelas XI IPS 3, karena sempet diajar sama Bu Warni. Yak, karena cuma XI IPS 3, satu-satunya kelas XI sejagad di sekolah gue yang diajar Bu Warni. Begitu juga gue, yang udah jatuh ‘kecantol’ sama Bu Guru Istimewa ini. Silahkan, kalo ada yang mau kenalan, search aja di FB beliau : Warnie Warna. Hehehe.

Hal yang terutama bikin gue suka sama Bu Warni adalah...karena beliau bukan hanya sekedar pengajar, tapi juga pendidik. Pengajar dan pendidik itu beda lhooo. Beliau itu orangnya gak otoriter, terbuka sama kritik, dan bisa bikin orang semangat sama apa yang beliau ajarkan. Di sela-sela mengajarkan Matematika (iya, yang katanya boring banget itu ), beliau sering menyisipkan pendidikan-pendidikan yang bermanfaat. Kata-kata yang beliau ucapkan itu menyejukkan, berisi, bermotivasi, dan kayak jadi oase bagi keringnya pendidikan sekarang (duile bahasa gue..).Kata-kata beliau yang paling gue suka adalah ,”Tidak ada di dunia ini yang nggak bisa dipelajari”. Huaah, sederhana, tapi dalem gitu (kalah deh sumur.hehe). Biasanya, kata-kata ini ampuh buat memacu semangat gue kalo males banget pelajari suatu hal karena gak suka sama pelajarannya. Contoh, gue sebenernya gak suka pelajaran Bahasa Jepang, tapi kalo inget kata-kata Bu Warni yang itu...ya gue usahain untuk suka, walau sampe sekarang, beneran deh...gue tetep aja gak hapal-hapal huruf Hiragana =P. Ini juga bikin gue pede untuk ‘kekeuh’ pengen kuliah Matematika Statistik yang notabene nya masuk FMIPA dan dimasukin anak-anak IPA, walau gue sendiri anak IPS. By the way, kalo kita mengenal istilah ‘Guru’, mungkin Bu Warni lah arti Guru yang sebenarnya *kagummodeon.

Dan tadi pagi, waktu otak anak-anak sekelas udah pada low batt ketika mempelajari Garis Persinggungan Pada Kurva, Bu Warni membangkitkan semangat lagi dengan ngasih tebak-tebakan Matematika. Yah, namanya juga tebakan Matematika yaa, bikin senyum iya, bikin mikir juga iya =P.

Tebakan pertama :
Ada dua orang anak ,dan dua orang ayah pergi membeli apel. Jika setiap orang membutuhkan 1 apel, berapa apel yang dibeli untuk semua orang ?

Rata-rata pada ngejawab : 4 (yaiyalah, pasti loe juga mikirnya gitu kan?)
Gue mikirnya, kalo yang namanya tebak-tebakan, pasti ada ngejebaknya dikit. Jadi gue jawab 1 (entah pemikiran darimana itu). Bu Warni tersenyum misterius. Ada juga yang jawab 6 (ini mah ngasal banget deh). Kelas langsung jadi riuh. Semua langsung nyebut-nyebut angka-angka dari 1 sampe 10 (jiah...).Eh...tiba-tiba ada yang nyebut 3. Dan Bu Warni langsung mengiyakan. Langsung deh, Bu Warni ngejelasin kenapa jawabannya 3.

Alasannya :
Karena disitu ada 3 orang. Kakek, ayah, anak. Ada dua orang yang sudah jadi ayah. Dan dua orang yang masih jadi anak, kan ? Coba deh pikir...dan karena ada 3 orang, ya beli apelnya 3 ajaaa (walah, ngejebak banget ya).

Tebakan Kedua :
Ada seorang gembala, ia menggembalakan 15 ekor sapi, dan 7 ekor kambing. Berapa umur gembala tersebut ?

Karena ada angka 15 dan 7, langsung anak-anak SMA ini (termasuk gue) dengan polosnya bilang “22...!!!” . Sungguh jawaban yang aneh...

Bu Warni tertawa renyah (duh, lagi-lagi suka liat senyumnya yang keibuan kayak Mama gue). Trus beliau bilang, “Ibu tahu nih jalan pikiran kalian, kalian cuma liat angka-angkanya aja. Kalo gembala umurnya 15 tahun, trus bilangan 7 dikemanain ? Kalo umurnya 7 tahun...kok muda amat ? Kalo 15 dikurang 7 sama dengan 8, masih terlalu muda juga. Tapi kalo 15 dikali 7 sama dengan 105...gak mungkin setua itu. Nah, logikanya gitu kan ? Trus kalian tamah 15 dan 7, nah, yang ini menurut kalian lebih masuk akal. Gitu kan ?”
Semua saling lirik. Aslinya sih, kayaknya gak ada yang mikir sampe kesitu. Gue juga enggak. Pola pikir gue dan anak-anak Indonesia sejak dulu sama, operasi hitung yang melekat pertama kali di pikiran kita ya tambah-tambahan. Jadi kalo setelah menjumlahkan bilangan hasilnya kira-kira masuk akal, langsung deh pake...salah atau bener urusan belakangan =P. Bu Warni dengan baik hati pun memberitahukan jawabannya.

Jawabannya :
Yaa...gak ada jawabannya (gubrak !). Coba pikir, mana ada hubungannya antara jumlah sapi dan kambing sama si gembala ? Emang sih disebutin angka-angka, tapi kalo gak ada korelasinya...ya mana bisa dioperasiin ? Sampe otak loe butek juga gak ketemu deh jawabannya kalo yang dikasih clue-clue nya begitu. Kata Bu Warni, tebak-tebakan ini melatih kita untuk lebih memahami soal. Karena kesalahan siswa yang paling sering dalam mengerjakan soal, terutama soal Matematika, adalah : kurang memahami soal. Oooo...(manggut-manggut kayak burung celepuk).

Tebakan ketiga :
Ada dua ekor bebek berjalan di belakang seekor bebek. Ada juga dua ekor bebek berjalan di depan seekor bebek. Berapakah bebek-bebek yang ada ? (nah, puyeng situ loe)

Banyak yang jawab 5 bebek. Ya iya juga sih, yang seekor bebek itu di tengah-tengah antara dua ekor bebek di depan dan dua ekor bebek di belakangnya. Gue malah sempet mikir ada 6 bebek, jadi bikin dua barisan gitu (ah, bisa aja deh..). Katanya Eci..3 ekor ! Dan Bu Warni langsung mengiyakan. “Sebenernya mirip kayak tebakan pertama lho, Sar...” alesan Eci dengan bangganya. Dan emang bener, Bu Warni langsung menggambar di papan tulis tiga buah lingkaran yang ibaratnya sebuah bebek sambil ngeles, “Kan ini Matematika, jadi abstrak aja ya...”. Temen gue, yang namanya Tri, yang rambutnya rada gondrong dan lebih dikenal dengan nama Jengki karena kurus banget, langsung nyeletuk, “Itu mah telor nya, Bu”. Hahaha.

Iya, jadi kan 3 bebek itu : dua ekor bebek di depan seekor bebek paling belakang, dua ekor bebek di belakang seekor bebek paling depan. Kesimpulan dari tebak-tebakan ini sama kayak tebakan pertama, kira-kira begini, pikirkan kemungkinan lain dan bukalah pikiran kita. Asik daah...

Nah, marilah kita ulangi lagi kata-kata Bu Warni...tidak ada di dunia ini yang nggak bisa dipelajari =).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar