Sabtu, 22 Mei 2010

Ayo Kita Menyetrika Dengan Baik !



Eits, sebelumnya, sekedar info...gue menulis artikel ini bukan karena terinspirasi Iron Man, Si Manusia Setrikaan itu lho. Tulisan ini gue buat lebih karena berdasarkan pengalaman gue dalam hal setrika-menyetrika. Kebetulan di rumah, gue dikasih tugas wajib : menyetrika. Sungguh sebuah tugas yang berat dan sangat berpengaruh pada dunia fashion keluarga gue. Berikut ini gue akan berbagi suka dan duka (taela!) gue selama bergelut di dunia penyetrikaan dalam bentuk tips-tips bermanfaat dan renyah (apasi?). Cekidot !

Persiapkan Peralatan Tempur

Tidak hanya perang, dalam hal setrika-menyetrika pun harus punya peralatan tempur yang memadai. Peralatan tempur itu antara lain adalah : setrikaan (yaiyalah ya...), alas setrikaan, dan tentu saja baju-bajunya ! Khusus untuk alas, saran gue, jangan langsung meja setrikaan, apalagi karpet atau lantai. Alasilah lagi dengan kain-kainan tebal dan seperti handuk, sprei...sarung juga boleh. Selain menyetrika jadi lebih licin, itung-itung sekalian nyetrikai kain-kainan itu juga :P. Sebaiknya siapkanlah itu semua dengan lengkap, karena berdasarkan pengalaman gue selama ini, kalo loe udah megang setrikaan, apalagi nyetrikanya sambil duduk, loe akan merasa males beranjak lalu ngambil-ngambil peralatan lain yang ketinggalan. Oia, jangan lupa ambil tempat deket stop kontak ya, karena kalo nggak, loe malah akan dikira nyetrika boong-boongan. Yaiyalah, mau dicolokin dimana coba tuh setrikaan ? Kalo kira-kira lobang idung loe ngalirin listrik sih ya boleh-boleh aja.

Yang Sedang-Sedang Saja

Langkah selanjutnya, nyalakan setrikaan dengan panas yang sedang aja. Jangan terlalu panas, karena ada bahan-bahan tertentu yang gak bisa kena panas berlebih. Salah-salah juga bisa merusak bahan atau bikin bolong baju. Bahan-bahan yang gak boleh kena panas, antara lain : silk, polyester,nilon,de el el. Khusus untuk silk, karena teksturnya halus banget, mending gak usah disetrika deh. Cukup elus-elus aja pake tangan. Bukan apa-apa, soalnya gue pernah nyetrika baju tidur Nyokap gue dari bahan silk dan...bolong. Sangat tidak dianjurkan,deh. Sebaliknya, jangan juga nyetrika dengan panas yang terlalu rendah. Bukannya rapi, kusut iya. Memang, segala sesuatu itu harus sedang-sedang saja. Kan ada tuh lagunya, “ Dia tidak cantik, Mak...Dia tidak jelek, Mak...YANG SEDANG-SEDANG SAJA...”. Aih, digoyang, Bang !

Gantung


Yak, bukan cuma Melly Goeslaw aja yang digantung, baju-baju loe juga mesti mendapatkan hak untuk digantung (??). Dengan menggantung baju loe di hanger, baju loe gak akan cepet kusut, rapi, dan gak timbul bekas lipatan-lipatan seperti kalo tuh baju dilipat. Tapi kalo emang kekurangan hanger-seperti yang sering gue alami-,lipatlah baju dengan rapi, jangan asla-asalan kayak gue. Hehehe. Hindari juga menumpuk baju terlalu banyak. Selian jadi kurang rapi, ntar tuh tumpukan bisa jatoh, eh...kusut deh baju-baju yang udah loe setrika dengan susah payah (lebaay).

Daun Pisang Is The Best !

Kenapa ? Karena selain mudah didapet (secara rumah gue masih dikelilingin kebon gitu) secara cuma-cuma, daun pisang juga sangat besar kegunaannya dalam dunia penyetrikaan. Ssst, ini resep rahasia gue lho. Cukup diletakkan aja tuh daun pisang, ukuran sekadarnya, di atas besi tempat setrikaan. Jadi tiap jeda, otomatis setrikaan loe akan ditaruh di atas daun pisang. Dengan ditaruh di atas daun pisang, setrikaan jadi gak lengket, nyetrika pun jadi lebih lancar ddan nyaman. Selain itu, mengharumkan pakaian juga dengan harum yang teramat khas. Jadi, gak usah beli pengharum, ngabis-ngabisin duit aja, baunya juga belum tentu tahan lama. Pakai yang tradisional aja...daun pisang emang the best, deh !

No TV, Please !

Nah ini, kebiasaan buruk bagi para penyetrika...nyetrika sambil nonton TV. Gue bilang buruk, karena yang ada kegiatan menyetrika jadi lebih lama. Wasting time banget, deh. Hitungannya, waktu yang dibutuhkan untuk menyetrika satu potong pakaian paling sederhana aja butuh waktu lima menit (itu juga kemungkinan besar gak rapi). Coba, kalikan dengan 20 potong baju misalanya, udah 100 menit...tapi kalo loe kerjain sambil nonton TV juga, 3 jam bisa baru kelar, lho (pengalaman pribadi banget ini !). Makanya dari sekarang gue usahain nyetrika gak sambil nonton TV. Kalo emang bosen, dengerin lagu aja dari radio atau MP3. Tapi lagi-lagi, gue gak meganjurkan juga dengerin lagu dari MP3 hape...karena bisa malah mengalihkan perhatian loe ke SMS ! Makin buang-buang waktu lagi,deh...

Safety First

Taela, tag di atas udah kea slogan obat-obatan atau kotak P3K aja ye...hehehe. Yak, yang pasti keamanan juga harus dipikirin dong. Biasanya kalo kegiatan menyetrika ya...gak jauh-jauh dari listrik. Kalo mau ninggalin setrikaan sebentar, dirikan setrikaan, kecilkan volume panas, lalu cabut colokan dari stop kontak. Ini harus banget dilakuin, sesebentar apapun loe ninggalin setrikaan loe. Kalo ada anak kecil di rumah, jangan biarin deket-deket selama kegiatan menyetrika berlangsung. Pernah tuh, adek sepupu gue yang paling kecil, umur dua tahu, kakinya kena setrikaan. Dikiiit banget sih, tapi kan bahaya...selain itu, jangan sampai ada air di sekitar listrik. Makanya kalo mau minum, gak usah dibawa-bawa segala gelasnya. Selama penyetrikaan juga, tangan loe harus kudu hati-hati. Sejauh ini sih, syukurnya tangan gue belum pernah kena setrikaaan atau gimana (amit-amit cabang baby,deh). Setelah selesai menyetrika, segera rapikan alat-alat dan simpan baju-baju dengan baik dan benar =).

Okay, itulah sedikit tips-tips menyetrika dari gue. Semoga bisa membantu loe dalam menyetrika dan kegiatan setrika-menyetrika loe juga jadi menyenangkan. Pesan gue juga, jangan coba-coba nyetrika pacar loe ya kalo dia selingkuh kea di berita-berita itu !
Selamat menyetrika, try this at home !

PS. Yak, boleh juga dicoba sensasi menyetrika di dalam laut seperti gambar di atas !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar