Sabtu, 01 Mei 2010

Karma


Karma.

Kata itu sering banget ya kita denger di kehidupan kita (terutama urusan percintaan.uhuk uhuk). Dan kayaknya kita semua rata-rata punya definisi yang sama deh soal karma : kalo loe berbuat baik, akan berbales yang baik-baik juga. Kalo loe berbuat jahat, akan berbales jahat, bahkan lebih jahat lagi. Biasanya sih, pas kita lagi menyesali sesuatu, kita bakal langsung mikir, "Ini karma kali ya buat gue ?". Atau kalo kita menganggap apa yang kita lakukan salah, kita bakal bilang,"Gue takut kena karma...". Sebagian orang malah dengan mantap bilang,"Percayalah,karma itu ada". Buat yang merasa disakiti atau dijahati orang, maka langsung berucap,"lihat aja, karma itu ada,kok"Saking 'mengenanya' karma ini dalam hidup kita, sampe Alicia Keys juga nulis lagu berjudul 'Karma'. Istilah kerennya dalam bahasa Inggris, "What goes around,comes around". Apa yang pergi dari kita, itulah apa yang akan kembali kepada kita. Hal apa yang kita lakukan, itulah yang akan kita terima.

See ? Kayaknya kata 'Karma' emang udah meresap banget ya di kehidupan kita.

Karma itu ternyata ada rumusnya juga lho, dan sebenernya jauh lebih ribet dari rumus baik-berbales-baik-jahat-berbales-jahat (iya, bukan cuma fisika yang punya rumus,cuy). Karma sendiri itu asal katanya Kr.dhatu dalam bahasa Sansekerta yang bermakna melakukan sesuatu. Dalam ajaran Budha, karma dikaitkan dengan reinkarnasi. Dalam ajaran Hindu, karma merupakan salah satu ajaran filsafat dalam India yang mengatakan bahwa perbuatan itu pasti berbalas. Karena dalam ajaran Hindu dan Budha percaya adanya reinkarnasi atau kelahiran kembali, maka karma itu akan berlaku bagiseseorang di kehidupannya yang berikutnya. Misal nih, loe berbuat jahat selama hidup, trus loe meninggal, dan kemudian loe akan terlahir kembali jadi orang lain...mungkin loe akan terlahir dengan cacat tubuh atau keadaan yang buruk sebagai balesan dari perbuatan loe di kehidupan loe sebelumnya. Bahkan, karena permuatan di kehidupan sebelumnya terlalu buruk, seseorang bisa dilahirkan kembali menjadi binatang (ouch !).Hmm, gak jauh beda lah dari konsep karma yang kita kenal.

Ada 3 macam karma, yaitu :

Pertama, Sancitta Karma Phala adalah karma-karma terdahulu yang sekarang baru hasilnya dapat dinikmati dalam kehidupan ini.Contohnya(kalo emang ada yang namnya reinkarnasi...gue masih mabigu juga sih),di kehidupan loe sebelumnya loe berbuat baik, maka di kehidupan loe sekarang loe akan mendapat balasan yang baik. Nah, sekarang loe lihat aja, kehidupan loe sekarang okeh gak ? Mungkin aja itu balesan dari kehiddupan loe sebelumnya.

Kedua,ralabda Karma Phala; dalam pandangan Hindu karma ini adalah
karma yang diperbuat saat sekarang dan hasilnya pun akan dapat dinikmati pada masa sekarang ini. Contoh, kea loe makan cabe, maka saat itu juga loe ngerasain pedes di lidah loe dan mungkin akan keluar asap kea di kartun-kartun gitu (lebay !hahaha)

Terakhir adalah Kriamana karmaphala, dalam hal ini kriamana dapat diartikan sebagai karma yang tidak akan dapat kita nikmati pada kehidupan saat ini, akan tetapi hasilnya akan dapat dipetik pada reinkarnasi dan penjelamaan di masa mendatang.Konsep ini secara gak langsung ngajarin kita untuk banyak-banyak berbuat baik di masa sekarang. Misal, rajin rajinlah menabung sekarang, bela belain deh loe gak jajan bakso, gak nonton bioskop, atau gak beli pulsa buat smsan demi menuh-menuhin celengan ayam loe. Siapa tau aja di kehidupan loe berikutnya loe menjadi gubernur Bank Indo ? Who knows?Hehehe.

Yak, tulisan ini cuma sekedar informasi dan hiburan aja. Gak usah percaya-percaya amat karena gue sendiri juga gak percaya-percaya amat =P. tapi yang pasti ya,hukum karma itu bukan konsep yang mengada-menagada. Ya sama aja, kayak berbuat baik dapet pahala, berbuat jahat dapet dosa...itulah karma. Selamat merenung !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar