Sabtu, 22 Mei 2010

Welcome To Walk Of Fame !



“Avoid popularity if you would have a peace”
(Hindari popularitas jika anda ingin memiliki kedamaian)
-Abraham Lincoln.

Kalo baca quote di atas, kita lantas mikir...ah, lebay banget ya kayaknya. Masa’ mau damai aja jangan jadi terkenal...musti jadi nobody dulu, bukan siap-siapa, atau enbtah siapalah anamanya supaya bisa dapet kedamaian dari hidup ? Tapi ya...kalo liat siapa yang bilang quote di atas...kayaknya kita emang mesti pikir ulang tentang ketenaran, popularitas, keksisan, dan segala yang berbau ‘famous’ gitu deh ya. Secara, yang kata-kata di atas diucapkan oleh Abraham Lincoln, mantan Presiden AS yang terkenal banget itu. Dia bukan cuma salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia ini, tapi juga adalah seorang Presiden AS yang paling dihormati dan dicintai rakyatnya. Gak heran kenapa dia bisa terkenal banget (lebih lanjut search di Wiki aja ya, pasti ketemu =P). Tapi, tragisnya, karena ketenaran itulah dia gak selalu bisa mendapatkan kedamaian dalam hidupnya. Namanya juga tokoh politik, pasti ada aja yang gak suka, musuh-musuh dan lawan-lawan politiknya pun bertebaran dimana-mana. Sampai di akhir hayatnya, Abe (panggilan Abraham Lincoln), harus menemui ajalnya dengan ditembak dari belakang oleh John Wilkes Booth, seorang pemain sandiwara yang memiliki gangguan jiwa, ia juga salah seorang pendukung Konfederasi yang menentang diserahkannya tentara Konfederasi kepada pemerintah setelah berakhirnya perang saudara[. Abe dibunuh di Teater Ford, Washington ketika sedang menonton teater bersama keluarganya. Katanya, Abe bahkan udah melihat kematiannya sendiri sehari sebelumnya lewat mimpi. Yak, menjadi terkenal gak selalu menyenangkan, ya...(ouch!)

Gak cuma Abe yang direpotin soal urusan ketenaran ini. Sering banget kan tuh selebritis-selebritis yang keliatan mengelak terus kalo ditanya sampe mesti dikejar-kejar wartawan segala. Hmm, walau gue belum pernah ngerasain jadi selebritis (baru jadi seleb di kamar mandi doang !), mungkin mereka itu ngerasa risih (pastilah) kalo ditanya-tanya, apalagi urusan yang sifatnya pribadi. Apalagi mereka itu kan publik figur yang setiap tindak-tanduknya bisa menimbulkan berbagai macam persepsi di mata masyarakat. Tapi, kalo gak mau jawab...dibilangnya sombong lah, jual mahal lah, sok misterius lah, atau malah dikira cari sensasi...jadi serba salah deh -,-(serasa pernah jadi seleb.haha).

Well, di satu sisi, ada begitu banyak orang yang pengen jadi seleb. Nah lho ? Segala macem cara dilakuin biar bisa eksis, sis,siiis ! Gak sebatas dunia perseleban aja, tapi juga di berbagai bidang. Contoh yang paling sederhana deh...punya FB, Twitter, MySpace, Formspring, Kaskus, de el el. Yep, situs jejaring sosial yang fenomenal secara langsung udah bikin kita mengejar ketenaran. Selama gak mengganggu dan gak sampe mempengaruhi hidup kita banget-banget sih ya gak masalah lah ya...yang susah, kalo dorongan untuk jadi eksis semakin besar, bikin kita kecanduan, sampe kita lupa bahwa pada dasarnya situs jejaring sosial itu gunanya untuk memperluas pertemanan. Ini yang harus kita waspadai.

Guys, sebenernya nih ya, ‘pengen famous’ tuh adalah salah satu sifat dasar manusia ,lho. Liata aja bayi yang baru brojol, pasti seringnya kita lihat tuh bayi nangis sekenceng-kencengnya. Percaya atau nggak, gejala alami ini aja udah jadi pertanda kalo manusia itu pengen eksis...diakui keberadaannya. Dengan nangis, secara gak langsung bayi yang baru lahir udah ‘menyerukan’ ke orang-orang akan kehadirannya. “Ini gue lho...!!!”. Tapi...ya, balik lagi ke pribadi itu sendiri, sampe mana dia bisa mengelola bibit pengen terkenalnya.

Sedikit cerita, waktu awal-awal baru masuk SMA, gue dan Puput (soulmate sekaligus temen SMP gue), pernah ngobrol gini pas acara pulang bareng kita (tiap hari deh kita pulang bareng...masih jaman-jamannya naik angkot,tuh).
Gue : Gue pengen aktif ah di SMA kita, Put...
Puput : Sama, gue juga. Kayaknya asik juga tuh...

Kita saling berpandangan, “Eksiiiisss!!!!”

Waktu itu, gue dan Puput masih duaorang cewek culun, baru lulus SMP, dan cuma kita berdua alumni dari SMP gue yang masuk SMA gue sekarang. Gue dan Puput saling nyemangatin, saling dukung, berusaha aktif di beberapa ekskul yang kita ikutin. Dan sekarang...ya, sekarang ! Kalo gue liat keadaan gue sekarang...ah, kadang gue suka aneh sendiri. Bisa dibilang, keinginan ‘ala-anak-baru’ gue dan Puput itu beneran jadi kenyataan. Puput sekarang terkenal sebagai Siswa Berprestasi di sekolah dengan segala prestasi akademik yang diraihnya. Gue dapet jabatan yang cukup penting di organisasi dan ekskul-ekskul yang gue jalanin. Hampir satu sekolah tahu gue dan Puput (bukannya nyombong ya...).

Kelihatannya, kisah gue tadi (ceile), berakhir happy ending gimana gitu. Dari ‘nobody’ jadi ‘somebody’. Dari ‘zero’ jadi ‘hero’. Tapi, aslinya, gak seperti itu. Justru dari situlah dimana ‘permainan’nya dimulai. Antara gue dan Puput jadi semakin renggang, karena kita bener-bener sibuk dengan kegiatan masing-masing. Bahkan bisa lamaaa gak ketemu. Kalo ngobrol bentar aja, berasa kangen banget. Gak hanya itu, maisng-masing dari kita punya ‘cerita’ di balik semuanya. Tekanan prestasi, ingin jadi yang terbaik, stress, semakin sering menghantui diri kita. Segala, berita tentang diri kita, pasti banyak yang tahu. Dan kita juga banyak tahu berita tentang orang-orang di sekeliling kita, apalagi dengan adanya situs jejaring sosial. Siapa ngelakuin apa, siapa pacaran sama siapa, siapa kena masalah apa...begitu banyak orang-orang eksis yang juga merasakan hal yang sama. Kadang, mood pun menjadi susah dijaga sehingga gampang emosi. Hehehe. Lalu gue teringat akan obrolan kita dulu...pas gue cerita lagi ke Puput, kita berdua jadi ketawa ngingetnya. Ketawa karena kok kita dulu lucu banget ya ? Polos amat...Ketawa juga karena apa yang kita kira dulu menyenangkan ternyata beda banget sama apa yang kita rasain sekarang =P.

Menjadi terkenal itu sah-sah aja. Kadang ada beberapa orang yang bahkan mendapatkan ketenaran padahal dia gak menginginkan hal itu. Namun, ada juga yang mesti kita sadari, bahwa kita tetap harus mengontrol kadar ‘ingin terkenal’ kita. Ini juga menjadi pelajaran buat gue pribadi, semakin kesini gue semakin sering mempertanyakan lagi, apalah arti sebuah keeksisan, harga diri selangit, ketenaran...kalo kita sendiri gak merasa bahagia dengan itu semua ? Justru lebih baik jadi biasa-biasa aja,kan ? Emang bener, pengalaman itu guru paling berharga. Kalo kata Eja, "Hidup mah dibawa santai aja,Tak..." (sedikit info : Eja manggil gue 'Tak' dari kata 'Kotak', karena bentuk muka gue kotak.hoh.)Duh, kadang nih ya, kalo liat adek-adek kelas gue, yang gayanya pada ‘aneh-aneh’...menarik perhatian gimana gitu (terutama yang cewek-cewek), gue jadi kayak liat diri gue sendiri dulu...tapi dengan cara yang berbeda, ya. Pengen banget gue bilang ke mereka : Hey, hati-hati lho dengan itu semua 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar