Rabu, 12 Mei 2010

Jadi Bego Bareng Raditya Dika :D










What : HAMKA dengan tema...lupa gue temanya apa. Hehehe. (HTM Rp.15.000,penting gak sih gue tulis??)
Where : SMAN 1 Bekasi
When : Minggu, 9 Mei 2010
How : seruuuu.

Yah, elo semua pasti udah tau lah ya...Raditya Dika, penulis komedi yang tulisannya sukses biki pembacanya bego bareng dia. Nah, ceritanya (eh, bukan ceritanya juga sih, emang beneran kok=P), gue dan Resti,temen gue yang biasa gue panggil...Kebo!, kembali bertualang (taela !). Kali ini ke SMAN 1 Bekasi yang bikin acara talkshow bareng penulis-penulis yang diadain ekskul kepenulisan di sekolah ini sendiri. Ada 2 acara, workshop dan talkshow. Kalo yang Workshop bareng Ali Muakhir, yang talkshow bareng Raditya Dika. Workshop dimulai dari jam 9 pagi, Talkshow dimulai jam 1 siang. Karena gue itu selalu bangu siang kalo hari Minggu, jadi gue mutusin ikut talkshow nya aja jam 1 siang.

Dengan berpanas-panas ria menuju ke SMA 1 yang letaknya ujuuung banget, gue dan Kebo sampailah disana. Radit nya belum ada, masih acara hiburan-hiburan gitu. Yak, kita skip langsung aja pas Radit dateng...wakakakak. Entah kenapa, gue juga gak tau, orang-orang pada ketawa begitu Radit nongol. Apa karena wajahnya yang kocak ? Atau tampangnya yang absurd ? Gue juga gak tahu, lebih gak tahu nlagi kenapa gue juga ketawa ?

Dan dimulailah Radiya Dika bercuap-cuap yang ngocok perut banget...bikin ketawa mulu. Gokil nih orang. Dia benci iklan shampo karena : adegannya selalu cewek yang lagi keramas dengan tampang dan gaya yang happy banget...hal-lo, ini tuh cuma keramas ! Kenapa loe ssegitu happynyaaa? Dan Radit bersumpah, gak bakal mau shampoan pake Suns*lk karena di iklannya ada adegan seorang cewek lagi mandi, shampoan pake Suns*lk, tiba-tiba ada yang ngetok pintu. Dan jeng jeng...ajaib, ada Ariel Peterpan ! Sejak itu, Radit jadi alergi sama Suns*lk, parno kalo lagi mandi dan shampoan, trus ada yang ngetok-ngetok...”Ariiiel...saya masih bugiiiilll...!!!”. Hahaha.

Radit pun mengibaratkan cewek-cewek adalah mahluk teribet sedunia begini :
Scene 1 : Cewek dan cowok, pacaran, lagi ada di mobil yang lagi jalan. Si cowok menyetir mobil sambil berusaha menenangkan ceweknya, si cewek lagi cemberut+ ngomel, ya... karena mereka sebenernya emang lagi selek, Sodara sodara.

Cewek : Udah, turunin aku aja.
Cowok : Gak mungkin aku turunin kamu, Sayang...
Cewek : Turunin aku !
Cowok : Sayang, kamu apa-apaan sih ? Gak mungkin aku...
Cewek : Turunin aku, gak ?! (sambil melotot)
Cowok : Sayang...
Cewek : Turunin aku !
Cowok : Say..
Cewek : Pokoknya, turunin aku !!!

Si Cowok pun mengalah, dia memberhentikan mobil, “Yaudah, kalo kamu mau turun...”. Lalu reaksi si Cewek, “Apa?!?!?! Kamu mau turunin aku?!?!?!”. Gubrak !

Scene 2 : Si Cowok terpaksa harus ngebatalin janjinya malem mingguan sama ceweknya karena sesuatu hal. Ia membatalkan lewat telepon.

Cowok : Sayang, maaf ya, aku gak bisa ke rumah kamu dulu sekarang. Aku mau nganter Nyokap.... (alesan klise banget nih=P)
Cewek : Oh, jadi kamu lebih milih Nyokap kamu daripada aku ?
Cowok : Ya gak gitu sayang... aku juga abis itu mau nonton futsal bareng temen-temen...
Cewek : Jadi sekarang kamu lebih milih temen kamu daripada aku ?
Cowok : (udah kesel) Yaudah deh...aku ke rumah kamu !
Cewek : Jadi kamu lebih milih rumah aku daripada aku ?
Cowok : Sayang, kamu bego ya ?!
Cewek : jadi kamu lebih milih bego dari...
Cowok : AAAAAAAA.....!!!!!!

Selanjutnya, Radit pun cerita tentang gimana awalnya dia nulis. Berawal dari sebuah diary bergembok (yaoloh!), sampe cerita di blog. Dan gimana akhirnya dia nulis cerita komedi...karena dia udah bosan curhat tentang kisah asmaranya yang gak berbentuk. Dari mulai cinta pertamanya waktu SD bernama Ajeng yang dengan teganya menjawab pernyataan cintanya, “Najis luhhh” sampe cewek yang udah nolak dia duluan sebelum dia nembak. “Gue pengen ngomong sama loe...”kata Radit. “Loe mau nembak gue ya ? Sorry gue gak bisa nerima loe”tebak si Cewek. “Lho, kok loe tahu ?”Radit bengong. “Kan gue liat blog loe, bego”. Sejak itu, Radit pun tobat menulis love life nya di blog....

Hal absurd lainnya adalah hantu anak kecil yang ada di lemari kamarnya. Hantu itu kadang-kadang suka gedor-gedor lemari tengah malem...kata orang pinter (iya, pinter banget, udah S3 kali!hahaha), hantu itu minta diajak main dan dia suka sama temennya Radit yang bernama Rene. Langsung deh, malem itu juga, Radit ke rumahnya Rene, ngajak Rene nginep di rumahnya malam itu. Err...apa yang ada di pikiran loe ketika seorang cowok mengajak temen cowoknya untuk tidur bareng malem-malem ???

Selain itu, Radit pun cerita tentang isu dia adalah penulis skenario film Miyabi. Tadinya iya, dia emang yang udah ditunjuk untuk mengerjakan skenario itu dan Radit excited banget awalnya. Tapi ternyata oh ternyata, yang tadinya produsernya oke-oke aja Radit bikin cerita yang murni komedi, malah memintanya bikin cerita komedi yang tanda ‘kutip’. Karena udah beda visi sama produsernya, Radit pun ngundurin diri. “Gue gak mau biikin cerita film yang gak bisa ditonton sama adek-adek gue”said Radit.

Ngomong-ngomong, hampir dua jam cuap-cuap, kayaknya si Radit udah keluaar konteks banget deh, dia bilang ,”Yak, kita ngobrol santai aja ya, tadi kan udah orang yang pinter-pinter (workshop kepenulisannya), sekarang...orang yang bego !”. Hahaha.

Pas dicengin soal Sherina, Radit menjawab santai, “Oh...Sherina nya lagi latihan nyanyi...yak, loe doain aja pelet gue gak cepet abis, ya !”

Anyway (lha, gue jadi ngikutin gaya ngomongnya Radit ?), Radit juga menyelipkan tips-tips nulis, terutama dalam nulis blog (uhuy !). Pertama, kalo loe susah menuangkan ide pas nulis...nulis aja. Mungkin tulisan loe akan keliatan jelek, tapi kemudian loe bisa memperbaikinya atau tulisan loe selanjutnya akan lebih bagus jadinya. Lebih baik tulisan loe buruk daripada gak nulis sama sekali. Kedua, sering-seringlah nulis. Dengan semakin sering loe nulis, jarak otak ke tangan loe jadi makin pendek, sehingga membuat loe semakin lancar dalam menulis. Kalo lagi gak mood nulis, ya loe nulis aja, siapa tahu bakal ada ide baru pas loe nulis tentang ke-gak mood-an loe. Dan, tulislah tulisan yang sesuai dengan genre yang loe minati. Ambil dari kehidupan sehari-hari, bikin loe akan ngerasa bahwa hidup loe itu gak sebiasa yang loe kira.

Whoa, I think I like this guy ! 

1 komentar: